Dia Yang Tak Terbayangkan
Ucapan
Syeh Siti Jenar sangat besar dampaknya bagi image beliau. Kubu PUTIHAN semakin
getol menghakimi kubu ABANGAN.
Sesungguhnya
memang apa yang diucapkan beliau, terlalu tinggi untuk didengar oleh
mereka-mereka yang baru saja mengenal spiritualitas. Namun, pada hakikatnya,
memang benarlah apa yang beliau ucapkan.
Siapakah
DIA YANG TAK TERBAYANGKAN itu? Siapakah RUH manusia itu? Sesungguhnya tiada
beda. Ibarat udara yang terkurung dalam sebuah karet sintetis mainan anak-anak
yang biasa disebut Balon, dengan udara bebas yang ada ditempat terbuka. Apakah
kita bisa membedakannya? Sebuah karet sintetis yang bernama Balon, ibarat
Suksma Sariira ( Badan Halus) dan Sthula Sariira (Badan Kasar) manusia. Dan
udara yang terkurung didalamnya ibarat Atma Sariira ( Ruh ). Dan udara yang ada
ditempat terbuka adalah Brahman itu sendiri.
Suksma
Sariira dan Sthula Sariira, keduanya adalah produk Prakrti, produk Alam, yang
muncul karena diadakan, karena diciptakan. Dan sesuatu yang diadakan,
diciptakan dari ketiadaan, pasti akan memiliki limitasi, memiliki batas
kegunaan. Dan pada saatnya, pasti akan berakhir. Oleh karenanya, kedua produk
ini disebut produk Maya, produk khayalan, produk fana.
Sedangkan
Atma Sariira (Ruh), tidak diciptakan. Tidak diadakan. Dari dulu ada, sekarang
dan sampai selamanya. Atma Sariira adalah bagian yang tak terpisahkan dari
Brahman. Apabila Atma Sariira masih terbelenggu oleh Suksma Sariira dan Sthula
Sariira, tampaklah ia sebagai MANUSHA. Namun, apabila Atma Sariira ( Ruh )
telah lepas dari belenggu Suksma Sariira dan Sthula Sariira, maka apakah bisa
dibedakan lagi mana Atman mana Brahman? Keduanya sudah MENYATU LAGI. Sudah
MANUNGGAL lagi. Inilah MANUNGGALING KAWULA GUSTI!.
Setiap
kali Syeh Siti Jenar berdzikir dgn sendirinya beliau menangkap suara dzikir yg
berbunyi lain. Subhani, Alhamdu li, La ilaha illa ana wa ana al-akbar, fa’budni
(Maha Suci Aku, segala puji untuk- Ku, tiada Tuhan selain Aku, Maha besar Aku,
sembahlah Aku). Walaupun telinga beliau mendengarkan orang di sekitarnya
membaca dzikir Subhana Allah, Al-hamduli Allahi, La ilaha illa Allah, Allahu
Akbar, fa’buduhu, namun suara yg di dengar sebaliknya, sebagai esensi bunyi
hadist : “Man ‘arafa Nafsahu faqad ‘arafa Rabbahu” ( Siapa yang mengenal Diri
Sejatinya, sungguh dia telah tahu siapa Tuhannya). Dan Syekh Siti Jenar semakin
memahami makna hadist Nabi Muhammad yang berbunyi : “Al-Insan sirri wa Ana
sirruhu” (Manusia adalah Rahasia-Ku dan Aku adalah rahasianya).
Apabila
sudah mencapai puncak spiritualitas seperti ini, apabila sudah mencapai maqam
(tingkat) Tajjali ( Allah terlihat nyata) seperti ini. Maka, bisakah kita
membedakan mana Jesus mana Bapa? Bisakah kita membedakan mana Siddharta Gautara
mana Buddha? Bisakah kita membedakan mana Krishna mana Bhagavan? Mengapa kita
bertengkar? Mengapa kita saling merasa paling benar? Dan yang merasa paling
benar adalah mereka yang baru mempelajari kulit Islam, kulit Hindhu, kulit
Buddha dan kulit Kristen. Mereka belum menemukan ‘Puncak Kesadaran’ yang
seharusnya mereka cari. Yang menjadi tujuan pengajaran Krishna, Buddha, Jesus
dan Muhammad. Mereka mengajarkan semua manusia untuk itu, bukan mengajarkan
kulit luar yang berbeda-beda. Kulit luar hanya sekedar metode. Kulit luar hanya
sebuah alat, sebuah sarana, untuk mencapai tujuan ini! Sadarlah!
Maka,
bila Syeh Siti Jenar yang telah mampu melampaui belenggu Suksma Sariira ( Nafs
) dan Sthula Sariira ( Jasad ), walaupun nampaknya Atma ( Ruh ) beliau masih
terkurung oleh kedua produk fana, produk Maya ini, namun sesungguhnya Ruh
beliau telah MENYATU lagi dengan Maha Ruh, yang dulu pernah meniupkan Ruh itu
kedalam Nafs dan Jasad! Dalam Nafs atau Suksma Sariira beliau, hanya tersisa
Nafs Muthmainnah ( Badan halus yang tenang ) atau Guna Sattva ( Watak suksma
sariira yang stabil). Mengapa kita jadi terkecoh hanya karena beda istilah?
Dari metode Islam, disebut Nafs Muthmainnah. Dari metode Hindhu disebut Guna
Sattva. Apanya yang beda? Kecuali kalimatnya semata. Kecuali kulit luar yang berupa
kata-kata semata. Sedangkan esensinya, SAMA! Maka, inilah yang saya maksud
JANGAN TERJEBAK METODE! JANGAN DIPERBUDAK METODE! KARENA JIKA ANDA TERJEBAK!
ANDA AKAN TERSESAT!
Asmaradana.
Syeh
Lemah Bang nayogyani
Prapta
ing ari Jumungah,
Nuju
Ramadlan wulane,
Marengi
tanggal ping lima,
Kumpule
Pra Auliya’,
Anedheng
kalaning dalu,
Ngrakit
papan kang prayoga.
Sakehing
Para Wali,
Samya
paguneman Rahsa,
Ing
Giri Gajah enggone,
Akarsa
musyawaratan,
Ing
bab masalah tekad,
Den
waspada ing Hyang Agung,
Wajib
sami nyatakena.
Kang
samya angulah ilmu,
Lamun
bijaksaneng driya,
Dadi
wijang sayektine,
Tan
beda lan puruhita,
Mungguh
Rahsaning rasa,
Pralambanging
pasang semu,
Tan
liyan saking punika.
Nadyan
akeh kang wewisik,
Wosing
wasana wus ana,
Mung
kari met pratikele,
Ing
sawurira pepekan,
Kangjeng
Sinuhun Benang,
Ingkang
miwiti karuhun,
Lan
Sunan Kalijaga.
Sunan
Cirebon lan kang rayi,
Padha
nerang Syeh Lemah Bang,
Lan
Sunan Majagung-e,
Suhunan
Ing Banten,
Lawan
Suhunan Giri Gajah,
Samya
agunem ing ilmu,
Jenenge
masalah tekad.
Jeng
Sinuhun Ratu Giri,
Amiwiti
angandika,
He
sanak manira kabeh,
Pratingkahe
wong makripat,
Aja
dadi parbutan,
Dipun
sami ilmunipun,
Padha
peling pinelingan.
Wong
wewolu dadi siji,
Aja
na kang kumalamar,
Dipun
rujuk ing karepe,
Den
waspada ing Pangeran,
Nenggih
Sinuhun Benang,
Ingkang
miwiti karuhun,
Amedhar
ing pangawikan.
Ing
karsa manira iki,
Iman
tokid lan makripat,
Weruh
ing kasampurnane,
Lamun
masiha makripat,
Mapan
durung sampurna,
Dadi
batal kawruhipun,
Pan
maksih rasa rumasa.
Sinuhun
Benang ngukuhi,
Sampurnane
wong makripat,
Suwung
ilang paningale,
Tan
ana kang katingalan,
Iya
jenenging tingal,
Manteb
Pangeran Kang Agung,
Kang
anembah kang sinembah.
Pan
karsa manira iki,
Sampurnane
ing Pangeran,
Kalimputan
salawase,
Tan
ana ing solahira,
Pan
ora darbe seja,
Wuta
tuli bisu suwung,
Solah
tingkah saking Allah.
Sinuhun
Benang anuli,
Ngandikani
Wali samya,
Heh
sanak manira kabeh,
Punika
kekasih alam,
Yen
mungguh ing manira,
Jenenge
Roh semunipun,
Ing
Roh-e Nabi Muhammad.
Ora
beda ing Roh iki,
Yen
sedya mutabangatan,
Tan
beda ing panunggale,
Kadya
paran karsandika,
Matur
Wali sadaya,
Boten
sanes kang winuwus,
Sampun
atut sabda Tuwan.
Pundi
kang ingaran Nabi,
Jenenge
Roh ing semunya,
Mapan
iku kekasihe,
Sadurunge
jagad dadi,
Mapan
jinaten tunggal,
Den
dadekaken karuhun,
Kang
minangka kanyatahan.
Sinuhun
Majagung nenggih,
Amedhar
ing pangawikan,
Ing
karsa manira dene,
Iman
Tokid lan Makripat,
Tan
kocap ing akherat,
Mung
padha samengko wujud,
Ing
akherat ora ana.
Nyatane
Kawula Gusti,
Iya
kang muji kang nembah,
A0pan
mangkono lakone,
Ing
akherat ora ana,
Yen
tan anaa Iman,
Tan
weruh Jatining Ilmu,
Ora
cukup dadi janma.
Jeng
Sunan Ing Gunungjati,
Amedhar
ing pangawikan,
Jenenge
Makripat mengko,
Awase
marang Pangeran,
Tan
ana ingkang liyan,
Tan
ana roro telu,
Allah
pan amung kang Tunggal.
Jeng
Sunan Kalijaga ngling,
Amedhar
ing pangawikan,
Den
waspada ing mengko,
Sampun
ngangge kumalamar,
Den
awas ing Pangeran,
Dadya
paran awasipun,
Pangeran
pan Ora Rupa.
Ora
Arah Ora Warni,
Tan
Ana ing Wujudira,
Tanpa
Mangsa Tanpa Enggon,
Sejatine
Ora Ana,
Lamun
Ora Ana-a,
Dadi
jagadipun suwung,
Ora
Ana Wujudira.
Syeh
Benthong samya melingi,
Amedhar
ing tekadira,
Kang
aran Allah Jatine,
Tan
ana liyan Kawula,
Kang
dadi kanyatahan,
Nyata
ing Kawulanipun,
Kang
minangka Katunggalan.
Kangjeng
Molana Maghribi,
Amedhar
ing pangawikan,
Kang
aran Allah Jatine,
Wajibul
Wujud kang ana,
Syeh
Lemah Bang ngandika,
Aja-na
kakehan semu,
IYA
INGSUN IKI ALLAH.
NYATA
INGSUN KANG SEJATI,
JEJULUK
PRABHU SADMATA,
TAN
ANA LIYAN JATINE,
INGKANG
BANGSA ALLAH,
Molana
Maghribi mojar,
Iku
jisim aranipun,
Syeh
Lemah Bang ngandika.
Kawula
amedhar ilmi,
Angraosi
Katunggalan,
Dede
jisim sadangune,
Mapan
jisim ora ana,
Dene
kang kawicara,
Mapan
Sejatining Ilmu,
Amiyak
warana.
Lan
malih sadaya ilmi,
Sampun
wonten kumalamar,
Yekti
tan ana bedane,
Salingsingan
punapaa,
Dening
sedya kawula,
Ngukuhi
jenenging ilmu,
Sakabehe
iku padha.
Kangjeng
Syeh Maulana Maghribi,
Sarwi
mesem angandika,
Inggih
leres ing semune,
Puniku
dede wicara,
Lamun
ta kapyarsa-a,
Dening
wong akathah saru,
Punika
dede rerasan.
Tuwan
ucapna pribadi,
Aja-na
wong amiyarsa,
Anuksma
ing lathi dhewe,
Puniku
ujar kekeran,
Yen
kena-a Tuwan,
Amalangi
jenengipun,
Bok
sampun kadi mangkana.
Nenggih
Jeng Sunan Giri,
Amedhar
ing pangawikan,
Pasthine
Allah Jatine,
Jejuluk
Prabhu Sadmata,
Sampun
wancak wicara,
Tan
ana pepadhanipun,
Anging
Allah Ingkang Tunggal.
Ya
ta sakathahing Wali,
Angestokaken
sadaya,
Mapan
sami ing kawruhe,
Amung
sira Syeh Lemah Bang,
Tan
kena pinalangan,
Cinegah
Wali sadarum,
Tan
owah ing tekade.
Angandika
Syeh Siti Brit,
Pan
sampun ujar manira,
Dennya
nututi kepriye,
Dhasare
ingkang amedhar,
Pamejange
maring wang,
Puniku
wuruking Guru,
Datan
kenging ingowahan.
Ameksa
tan kena gingsir,
Sinuwalan
ing ngakathah,
Tan
kena owah tekade,
Sampun
ujar linakonan,
Pan
wus jangjining Suksma,
Sunan
Cirebon ngandika rum,
Sampun
ta Tuwan mangkana.
Punika
ujaring jangji,
Yekti
binunuh ing kathah,
Nenggih
sampun ing khususe,
Wong
ingkang ngaku Allah,
Ngandika
Syeh Lemah Bang,
Lah
mara Tuwan den gupuh,
Sampun
ngangge kalorehan.
Dhasar
kawula labuhi,
Ngulati
pati punapa,
Pan
pati iku parenge,
Sarenge
sih kawimbuhan,
Pan
tansah kawisesa,
Kang
teka jatining suwung,
Ana
Kadim ana anyar.
Ngulati
punapa malih,
Ora
ana liyan-liyan,
Apan
apes salawase,
Anging
Allah Ingkang Tunggal,
Ya
jisim iya Allah,
Taukhid
tegese puniku,
Apan
Tunggal Kajatennya.
Sakathahe
Para Wali,
Pra
samya mesem sadaya,
Miyarsa
pamuwuse,
Kukuh
tan kena ingampah,
Saya
banjur micara,
Amiyak
warananipun,
Ora
ngangge sita-sita.
Angaku
jeneng pribadi,
Andadra
dadi rubeda,
Ngreribedi
wekasane,
Nerang
anerak syara’,
Rembuge
andaliga,
Mawali
Pra Wali Wolu,
Winalon
kurang walaka.
Lajeng
abubaran sami,
Kang
Para Wali sadaya,
Kondur
ing padalemane,
Mung
Jeng Sunan Giri Gajah,
Kang
kawogan anglunas,
Kang
murang syara’-ing ngelmu,
Mumpung
durung ngantos lama.
Jeng
Sunan Giri nyagahi,
Ing
sirnane Syeh Lemah Bang,
Yen
sampun prapteng masane,
Adege
Nata ing Demak,
Bedhahing
Majalengka,
Sadaya
samya jumurung,
Lajeng
samya sasowangan.
Terjemahan
:
Syeh
Lemah Bang menepati janji,
Datang
pada hari Jum’at,
Tepat
pada bulan Ramadlan,
Bersamaan
dengan tanggal lima,
Kumpulnya
Para Auliya’,
Pada
waktu malam hari,
Telah
disiapkan tempat yang sepatutnya.
Seluruh
Para Wali,
Hendak
membahas masalah Ilmu Rahsa (Ilmu Sejati).
Di
Giri Gajah tempatnya,
Bermusyawarah,
Tentang
pencapaian masing-masing,
Akan
kebenaran Hyang Agung ( Maha Agung ),
Untuk
saling dinyatakan kepada semua yang hadir.
Mereka
yang tengah mendalami Ilmu (Sejati),
Apabila
tajam kesadarannya,
Akan
terang pemahamannya,
Begitulah
orang yang berguru mendalami Ilmu (Sejati),
Menyibak
pusat rasanya rasa,
Menguliti
segala perlambang dan simbolisme,
Hanya
dengan demikian intisari (esensi)nya bisa didapatkan.
Walaupun
banyak wejangan ( berbagai metode dan konsep),
Intisari
(esensi)-nya pasti sama,
Tinggal
bagaimana kesadaran kita mampu menangkapnya,
Setelah
genap semua yang hadir,
Kangjeng
Sinuhun Benang,
Yang
memulai,
Lantas
Sinuhun Kalijaga.
Kemudian
Sunan Cirebon (Sunan Gunungjati) dan adik beliau,
Tengah
membicarakan cara menghadapi Syeh Lemah Bang,
Juga
Sunan Majagung,
Sinuhun
Banten,
Dipimpin
oleh Sunan Giri Gajah,
Hendak
membahas Ilmu (Sejati),
Mengungkapkan
pencapaian masing-masing.
Jeng
Sinuhun Ratu Giri,
Memulai
pembicaraan,
Hai
saudaraku semuanya,
Etika
manusia yang telah mencapai Ma’rifat ( Pencapaian spiritual tertinggi ),
Tidak
pantas jika saling berebut benar,
Maka
dari itu mari satukan pendapat,
Dan
saling ingat mengingatkan.
Semua
Wali harus menyatu,
Jangan
berbantahan sendiri-sendiri,
Satukan
pendapat kita,
Tentang
kebenaran Tuhan (yang telah kita capai masing-masing),
Lantas
Sinuhun Benang,
Memulai
pertama kali,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau.
Menurut
pendapatku,
Tingkatan
Iman ( Keyakinan ), Taukhid ( Ke-Esa-an), dan Ma’rifat ( Melihat Kebenaran
Sejati ),
Masih
harus ditambah lagi satu tingkatan yaitu MENYADARI KESEMPURNAAN SEJATI,
Apabila
masih dalam tingkat Ma’rifat,
Belumlah
sempurna,
Karena
masih sekedar ‘MELIHAT’, belum ‘MENYADARI’.
Sehingga
masih mengira-ngira.
Sinuhun
Benang meyakini benar,
Kesempurnaan
Ma’rifat,
Kosong
Hilang Penglihatan makhluk,
Tiada
lagi yang terlihat,
Karena
keadaan sang pelihat,
Hanya
‘MELIHAT’ PANGERAN KANG AGUNG (TUHAN YANG AGUNG),
(Tiada
lagi terlihat lain, kecuali hanya) Yang Menyembah dan Yang Disembah.
Jelasnya
maksudku (Sunan Benang) ini,
Kesempurnaan
Sejati,
Adalah
terliputi selamanya ( oleh Dzat-Nya ),
Tiada
lagi gerak (makhluk),
Tiada
lagi kehendak (makhluk),
Buta
tuli bisu kosong (kemakhlukan kita),
Dan
segala gerak dan kehendak hanya dari Allah.
Lantas
Sinuhun Benang,
Menanyakan
kepada Para Wali,
Wahai
saudaraku semua,
Inilah
Kekasih Semesta,
Yang
ada didalam diri kita semua,
Yaitu
Ruh kita ini,
Dan
nama Ruh kita sebenarnya adalah Muhammad ( Yang Terpuji).
Tiada
beda semua Ruh itu,
Apabila
diperbandingkan,
Tak
ada beda satu sama lainnya,
Bagaimanakah
pendapat saudaraku semua?
Menjawab
semua Wali,
Sudah
benar apa yang anda yakini,
Kami
semua sependapat.
Manakah
sesunguhnya yang dinamakan Nabi Muhammad,
Sesungguhnya
adalah nama dari Ruh,
Itulah
Kekasih Allah,
Sebelum
semuanya tercipta,
Berada
dalam Jinaten Tunggal (Kesejatian Tunggal/ Jadi Satu dengan Allah),
Lantas
ditiupkan dahulu,
Sebagai
perwujudan Allah. ( Sunan Benang sebenarnya ingin menunjukkan bahwa Ruh manusia
dan Allah adalah SATU. Tapi beliau tidak terang-terangan mengatakannya.)
Sinuhun
Majagung kemudian,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Menurut
pendapatku ( Sunan Majagung ),
Iman
( Keyakinan ), Taukhid ( Ke-Esa-an ) dan Ma’rifat ( Pencapaian tertinggi
spiritual),
Tidak
ada gunanya di akherat (kata akherat maksud Sunan Majagung adalah PUNCAK
SPIRITUAL) nanti,
Hanya
dibutuhkan pada saat ini saja ( Termasuk konsep belaka),
Di
akherat tidak ada.
Wujud
nyata Kawula ( Hamba ) dan Gusti ( Tuhan ) hanya ada didunia ini,
Terlihat
memuji dan menyembah,
Padahal
sesungguhnya,
Di
akherat tidak terlihat Dua ( maksudnya Kawula dan Gusti. Intinya Sunan Majagung
hendak berkata Kawula dan Gusti itu SATU, tapi sama seperti Sunan Benang,
beliau juga tidak terang-terangan),
Apabila
tidak mempunyai Iman ( Keyakinan ) tentang hal ini,
Tidak
akan tahu Kesejatian Ilmu,
(Apabila
tidak mengetahui Kesejatian Ilmu, maka ) tidak lengkap menjadi manusia.
Jeng
Sunan Gunungjati,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Sesungguhnya
Ma’rifat itu,
Penglihatannya
hanya melihat Tuhan semata,
(Apabila
sudah mengetahui Tuhan, maka akan menyadari) Tidak ada yang lain lagi selain
Dia,
Tak
ada yang kedua dan ketiga ( Sunan Gunungjati sebenarnya juga hendak mengatakan,
TIDAK ADA LAGI KAWULA DAN GUSTI JIKA TELAH MENCAPAI MA’RIFAT, YANG ADA CUMA
GUSTI. TIDAK ADA LAGI DUALITAS, ATAU TRINITAS LAGI. KAWULA DAN GUSTI ADALAH
SATU. Karena KAWULA telah lebur kedalam GUSTI. INILAH TAUKHID. INILAH
KE-ESA-AN. Tapi, beliau sama seperti Sunan Benang dan Sunan Majagung, tidak
berani mengatakan terang-terangan).
Hanya
Allah Yang Maha Tunggal.
Sunan
Kalijaga berbicara,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Sadarlah
senantiasa,
Jangan
sampai tergoyahkan,
Senantiasa
Menyadari Adanya Tuhan,
Bagaimana
cara menyadari-Nya?
Bukankah
Tuhan tidak ber-Wujud?
Tidak
ber-Kedudukan disuatu tempat juga Tidak ber-Bentuk,
Tidak
ada Wujud-Nya,
Tanpa
Ruang dan Waktu,
Sesungguhnya
ALLAH TIDAK ADA, (Allah yang personil, yang berpribadi seperti yang dipahami
orang awam)
APABILA
BEGITU,
Sesungguhnya
ALLAH ITULAH KEKOSONGAN ABADI,
DIA
TIDAK BERWUJUD. (Sunan Kalijaga tidak mau membicarakan tentang KESATUAN WUJUD
(WAJIBUL WUJUD) seperti yang lain. Beliau hanya memberikan gambaran bahwasanya
apa yang dinamakan Allah itu adalah KEKOSONGAN ABADI YANG MUTLAK, SUMBER
SEGALANYA. Jadi, jika kita MENYATU LAGI DENGAN YANG MUTLAK itu, maka itu
dimungkinkan. Sunan Kalijaga, tidak mau membahas tentang MANUNGGALING KAWULA
GUSTI. Karena beliau sepaham dengan Syeh Siti Jenar.)
Syeh
Benthong lantas berkata,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Yang
disebut Allah sesungguhnya,
Tak
lain adalah Kawula ( Hamba ) ini juga,
Yang
menjadi KENYATAAN WUJUD-NYA,
Benar-benar
nyata Ada-Nya terlihat pada Kawula-Nya,
Karena
Gusti (Tuhan) dan Kawula (Hamba) adalah Satu. ( Syeh Benthong lebih berani
berbicara. Terlihat disini.)
Kangjeng
Maulana Maghribi,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Yang
disebut Allah sesungguhnya,
WAJIBUL
WUJUD (WUJUD YANG HARUS ADA). ( Syeh Maulana Maghribi, tidak mau berbicara
dalam. Terlihat disini).
Dan
Syeh Lemah Bang kemudian berkata,
Jangan
berputar-putar,
IYA
INGSUN IKI ALLAH. (IYA AKU INI TUHAN).
Nyatalah
AKU yang Sejati,
Bergelar
Prabhu Sadmata ( Raja bermata enam. Shiva adalah Avatara Brahman. Jika Shiva bermata
tiga, maka Brahman bermata enam. Inilah maksud ‘jargon’ spiritual waktu itu).
Tidak
ada lagi yang lain,
Apa
yang disebut Allah itu.
Maulana
Maghribi berkata,
Yang
anda tunjuk itu adalah jasad,
Syeh
Lemah Bang menjawab.
Hamba
membuka rahasia Ilmu Sejati,
Membahas
tentang Kesatuan Wujud,
Tidak
membahas Jasad (yang fana),
Jasad
sudah terlampaui,
Yang
saya ucapkan adalah Sejati-nya Ilmu,
Membuka
Segala Rahasia.
Dan
lagi sesungguhnya semua Ilmu,
Tidak
ada yang berbeda,
Sungguh
tiada beda,
Sedikitpun
tidak,
Menurut
pendapat hamba,
Meyakini
bahwasanya Ilmu itu,
Semuanya
sama.
Kangjeng
Syeh Maulana Maghribi,
Sambil
tersenyum berkata,
Benarlah
sesungguhnya apa yang kamu katakan,
Akan
tetapi itu bukan bahan pembicaraan,
Apabila
sampai terdengar,
Oleh
banyak orang sangat tabu,
Hal
itu bukan bahan percakapan.
Ucapkanlah
sendiri,
Jangan
sampai terdengar oleh orang lain,
Cukup
terdengar oleh telinga sendiri,
Hal
itu adalah Sabda larangan,
Apabila
bisa,
Saya
menyarankan,
Janganlah
seperti itu.
Lantas
Jeng Sinuhun Giri,
Menyampaikan
pencapaian spiritual beliau,
Sudah
pasti Allah itu sesungguhnya,
Bergelar
Prabhu Sadmata,
Janganlah
semua yang hadir disini sembrono dalam berbicara,
Dia
tidak ada bandingannya,
Hanya
Allah Yang Maha Tunggal.
Mendengar
kata-kata Sunan Giri ( yang turun ketingkat syari’at),
Seluruh
Wali terdiam dan menta’ati,
(Sunan
Giri berkata kepada Syeh Lemah Bang), Hanya kamu wahai Syeh Lemah Bang,
Tidak
bisa dihalangi,
Tidak
bisa dicegah oleh semua Wali,
Tetap
tak berubah pendapat kamu.
Berkata
Syeh Siti Brit,
Sudah
menjadi tekad hamba,
Bagaimanapun
juga,
Karena
semua itu adalah wejangan,
Diwejangkan
kepada hamba,
Oleh
Guru hamba,
Tidak
bisa lagi dirubah.
Dipaksapun
tidak bisa surut,
Dibujuk
oleh semua Para Wali,
Tak
pula berubah tekadnya,
Sudah
menjadi ucapan umum,
Dan
sudah menjadi hukum syariat,
Demikian
Sunan Cirebon ( Sunan Gunungjati) berkata,
Janganlah
tuan seperti itu.
Sudah
ditentukan,
Hukumnya
adalah dibunuh (Qisas),
Khusus
bagi mereka,
Yang
mengaku Allah,
Berkata
Syeh Lemah Bang,
Segeralah
laksanakan,
Jangan
ditunda-tunda lagi.
Memang
sudah saya niati,
Mencari
kematian yang bagaimana lagi,
Sebab
bersamaan dengan kematian,
AKAN
DATANG KASIH-NYA,
YANG
MELIPUTI AKU,
DAN
KEKOSONGAN YANG SEJATI AKAN DATANG PADAKU.
Tidak
perlu disesali sebab diriku ini memang terdiri dari YANG KEKAL (Ruh) dan YANG
FANA (Nafs dan Jasad).
Mau
mencari apa lagi?
Tidak
ada lagi pencapaian yang lebih sempurna (selain hal ini).
Yang
fana selamanya pasti akan kembali ke fana,
Yang
kekal akan kembali kepada Allah Yang Tunggal,
Dan
jasadku yang sesungguhnya adalah Ruh ini, Iya Ruh Iya Allah, Satu.
Taukhid
itu namanya,
Satu
kesatuan dalam Kesejatian.
Seluruh
Para Wali,
Tersenyum
semuanya,
Mendengar
apa yang diucapan Syeh Siti Jenar,
Kokoh
tidak bisa digoyahkan,
Sangat
berani,
Membuka
segala rahasia,
Dengan
tidak segan-segan lagi.
Menyibak
Kesejatian Diri-Nya,
Keberaniannya
membikin masalah,
Menjungkir
balikkan syara’ (Hukum),
Kata-katanya
sangat berani,
Dicegah
oleh semua Wali,
Namun
seolah-olah kurang juga yang mencegah beliau.
Lantas
hendak bubar,
Para
Wali semua,
Untuk
pulang ketempat tinggalnya masing-masing,
Dan
Sunan Giri Gajah,
Yang
berhak memutuskan hukuman,
Bagi
yang menjungkir balikkan syara’,
Mumpung
belum terlalu lama.
Jeng
Sunan Giri menyanggupi,
Akan
menjatuhkan hukuman mati bagi Syeh Siti Jenar,
Apabila
sudah sampai pada waktunya,
Pelantikan
Sultan Demak,
Setelah
berhasil merebut kekuasaan dari Majalengka ( Majapahit),
Seluruh
Wali menyetujui,
Lantas pulang
kekediaman masing-masingSelanjutnya .............Perjalanan Seorang Wali