Jalan Simpang
SÊRAT
GATHOLOCO
Diambil
dari naskah asli bertuliskan huruf Jawa yang disimpan oleh
PRAWIRATARUNA.
Digubah
ke aksara Latin oleh :
RADEN
TANAYA
PUPUH V
Asmaradana
1.   Rehning  sira 
wis ngakoni,  benjang  lamun sira 
pêjah,  rasakna  badanmu kuwe,
Kalawan cahyamu gêsang, 
obah-osiking  manah,  anggawa lapal Suksmamu,
munggah mring suwarga loka. 
Karena kamu sudah
mengakui, kelak manakala kamu meninggal, Rasa badanmu (Sthula
Sariira/Jasad),
berikut Cahaya Hidup (Atma Sariira/Ruh), serta segala sensasi pikiranmu,
terbawa pula Suksma
(Suksma Sariira/Nafs)mu, naik ke Surga.
2.     Sang  Ijaril 
ingkang  ngirid,  sowan ngarsane Hyang  Suksma, 
yen mangkono  sira
kuwe,  ora  ngamungna 
neng  dunya,  olehmu dadi 
bangsat,  aneng akherat dadi
pandung, anggawa dudu duweknya.
Sang (Malaikat) Izrail
yang mengiringi, menghadap kepada Hyang Suksma (Tuhan Maha
Gaib),  jika memang begitu  dirimu, 
tidak  hanya didunia saja,  dirimu menjadi  maling,
diakherat-pun
kamu  menjadi maling,  karena mengakui  menghadapkan sesuatu  yang
bukan  milikmu 
(tapi  kamu  akui 
sebagai  hak  milik). 
(Maksudnya makhluk  ini  semua
adalah ‘nihil’ alias
‘tidak ada’. Karena semua ini adalah perwujudan Tuhan. Lantas jika
merasa memiliki  personalitas 
terpisah  dengan  Tuhan, bukankah itu  illusi? Seseorang
yang  mengaku 
memiliki  personalitas  sendiri 
yang terpisah  dengan  Tuhan, 
mengklaim
punya asset pribadi,
berarti sama saja dengan seorang maling, yang mengklaim sesuatu
yang  bukan 
miliknya.  Dan  lagi 
bagaimana bisa meng-klaim  jika
‘diri-nya’ itu  sendiri
‘tidak ada’?)
3.     Sira  aneng dunya 
iki,  kadunungan barang  gêlap, 
ora  tuku ora  nyileh, 
sira  anggo
sabên dina, 
ing  mangka  aneng akherat,  anggawa 
dudu duwekmu,  dunya-kherat
dadi bangsat.
Didunia ini
dirimu,  ketempatan barang gelap,  tidak 
beli tidak  pinjam,  kamu 
pakai tiap
hari, sedangkan
diakherat nanti, tetep kamu merasa memiliki yang bukan milikmu, dunia
akherat kamu maling!
4.     Tanpa  gawe jungkar-jungkir,  nêmbah salat madhep keblat,  clumak-clumik
kumêcape, 
angapalake alip lam,  têgêse iku
lapal, angawruhana  asalmu,  urip
prapteng kailangan.
Tak  ada guna jumpalitan  (dalam 
sembahyang), mendirikan 
shalat  menghadap  kiblat,
komat-kamit  bibirnya, 
menghafalkan  alif lam (maksudnya
doa-doa), sesungguhnya
makna dari  ayat-ayat 
yang kamu  baca (itulah  yang harus kamu  resapi, 
bukan  hanya
sehedar dihafal dan
dibaca), karena dari ayat-ayat tersebut kamu akan mengetahui asal,
dan tujuan hidup-mu.
5.      Sireku
kaliru tampi,  ngawruhi  asale wayah, 
subuh luhur myang  asare,  mahrib
lawan bakda isak, sayêkti tanpa guna, sipat urip duwe
irung, padha wêruh marang
wayah.
Dirimu salah mengerti,
sangat-sangat mematuhi waktu-waktu shalat, mulai subuh dzuhur
hingga ashar, maghrib
dan isya’, sungguh tanpa guna, selayaknya hidup memiliki hidung
(maksudnya kepekaan
Kesadaran), untuk memahami makna shalat.
6.     Yen mangkono
sira kuwi, mung mangeran marang wayah, tan mangeran Ingkang
Gawe, lamun bêngi sarta awan, pijêr kêtungkul wayah, ora
mikir mring awakmu,
urip prapteng kailangan.
Jikalau  demikian 
dirimu  (yang  hanya sekedar mematuhi waktu  shalat 
dan  tidak
memahami makna dari
shalat itu sendiri), hanya ber-tuhan-kan saat-saat shalat semata,
tidak ber-Tuhan-kan
yang membuat waktu, siang dan malam hanya, berfokus mematuhi
waktu-waktu shalat
semata, tidak meniti ke dalam diri, untuk memahami asal kehidupan
dan tujuannya.
7.     Rasane
badanmu kuwi, kagungane Rasulullah, cahyane uripmu kuwe, kagunganira
Pangeran, 
obah-osiking  manah,  Muhammad kang 
nggawa  iku,  duwekmu amung
pangrasa.
Rasa badanmu itu
(Sthula Sariira/Jasad), milik/perwujudan Rasulullah (maksudnya Ruh
atau  Atma), 
Cahaya hidup  (Atma
Sariira/Ruh)-mu  itu,  milik/perwujudan  Pangeran
(Tuhan/Brahman/Allah),
segala gerak-gerik batinmu (maksudnya Suksma Sariira/Nafs),
Muhammad yang
menggenggam (Muhammad maksudnya juga Ruh atau Atma), milikmu
hanya ‘Perasaan
memiliki/Illusi’ saja.
(Jika Jasad  ini 
milik/perwujudan  Rasulullah  (Ruh), 
Ruh  milik/perwujudan  Allah, 
Nafs
milik/perwujudan
Muhammad (maksudnya Ruh juga), sedangkan Allah, Muhammad dan
Rasul  itu 
tak  lain  adalah 
Allah  juga,  lantas apa yang  hendak kita anggap sebagai
personalitas
makhluk  jikalau  semua ini adalah PERWUJUDAN ALLAH? Hanya
Illusi
saja yang menjadi  milik 
para makhluk.  ILLUSI MERASA
DIRINYA  ADALAH
ENTITAS YANG
TERPISAH  DENGAN SEMESTA BAHKAN
DENGAN  TUHAN
ITU SENDIRI!)
8.     Mangka  sira 
gawa  kuwi,  ora 
sira  ulihêna,  balekna 
marang  Kang  Duwe, 
yen sira
maksih anggawa, titipan tri prakara, apa sira ora lampus,
Kyai Guru duk miyarsa.
Sedangkan  apa yang kamu 
akui  itu  (bahwa memiliki  personalitas tersendiri  dengan
Tuhan), tetap juga
tidak kamu kembalikan (maksudnya tetap ber-Kesadaran seperti itu),
kepada Dia Yang
Memiliki,  jika kamu  masih 
juga memegang  (maksudnya tetap  tidak
mau membuka Kesadaran)
dan masih juga mengaku memiliki Triprakara (Tiga Unsur ~
Ruh/Atma,  Nafs/Suksma dan  Jasad/Sthula) sendiri,  akan 
abadikah  dirimu  kelak? Kyai
Guru begitu mendengar
(semua yang diuraikan Gatholoco).
9.     Kethune
binanting siti,  muring-muring  ngucap sora, 
Mring  ngêndi  nggonku
ngulihke, ingsun tan rumasa nyêlang, titipan tri prakara,
Gatholoco gya gumuyu,
Sira urip tanpa mata.
(Kyai  Guru) seketika membanting kethu  (kopiah)-nya ke tanah! Marah-marah dan
berkata kasar,  Kemana aku 
mau  mengembalikan!!  Aku 
tidak merasa telah  meminjam,
titipan  Triprakara tadi,  Gatholoco 
tertawa geli (mendapati yang diajak 
dialog tidak
memahami  maksudnya namun  malah 
marah-marah),  Kamu  memang hidup 
tanpa mata
(maksudnya
Kesadarannya buta)!
10. Upama Padhanging Rawi, asalira saking Surya, sirna
kalawan Srêngenge, kalamun
Padhange Wulan, asale saking Wulan, sirnane kalawan
Santun, bali maneh asalira.
Seandainya Cahaya
Matahari,  yang berasal  dari Surya, 
akan  terserap  musnah 
hilang
kedalam Matahari
kembali, seandainya Cahaya Rembulan, yang berasal dari Rembulan,
akan terserap musna
hilang kedalam Rembulan, kembali keasalnya lagi!
11. Kasan Bêsari nauri, Krana ngapa Rasanira, lan Cahyamu
Urip kuwe, myang obah-
osiking 
manah,  tan sira  ulihêna, 
marang  Kang  Kagungan iku, 
Gatholoco  asru
nyêntak.
Kasan  Bêsari 
(Hassan  Bashori) berkata,  Lantas 
sekarang mengapa Rasa Badanmu
(Jasad/Sthula
Sariira), beserta Cahaya Hidup (Ruh/Atma Sariira)-mu, berikut Gerak batin
(Nafs/Suksma
Sariira)-mu, tidak kamu kembalikan (maksudnya masih terlihat nyata dan
belum musnah) kepada Yang
Mempunyai ? Gatholoco keras membentak.
12. Ingsun iki ora wani, ngulihake durung masa, yen tan
ana pamundhute, ingsun wêdi
bok kinira, anampik sihireng Hyang, manawa nêmu sêsiku,
sireku kaliru tampa.
Aku  tidak 
berani,  memusnahkan  ini 
semua karena belum  saatnya,  jika tanpa ada
permintaan  (dari Yang 
Mempunyai Perwujudan),  aku
takut  nanti  dianggap, menolak
kasih  Hyang (Tuhan),  dan 
akan mendapatkan  balak,  sungguh 
kamu  yang sebenarnya
tidak  paham! 
(Tidak  paham  akan 
maksud  Gatholoco  akan 
makna ‘Mengembalikan’
seperti yang telah
diuraikannya diatas).
13. Kang  kasêbut
kitab mami,  pan saking  Nabi Muhammad,  Kyai 
Guru pangucape,
Salat witri iku iya, salat sakobêrira, Gatholoco alon
muwus, sireku kaliru tampa.
Menurut Kitab-ku,  yang berasal dari Nabi Muhammad, Kyai Guru
berkata lagi, Shalat
witir  adalah, 
shalat  yang tidak  terikat 
waktu  (maksud  Kyai 
Hassan  Bashori  ada juga
shalat yang tidak
harus berfokus pada waktu, yaitu shalat witir. Jadi salah jika Gatholoco
menganggap  dirinya terlau  mengagung-agungkan  waktu), 
Gatholoco  menjawab,  Sekali
lagi dirimu tidak
paham!
14. Yen mangkono sira kuwi, dudu umat Rasulullah, dene
sira ngestokake, sarengate
Nabi lima, êndi panêmbahira, mring Nabi Muhammad iku,
Kyai Guru saurira.
Bahkan lagi dirimu,
bukanlah ummat Rasulullah, karena dirimu meyakini, dan mengikuti
tingkah  laku lima Nabi, mana shalat  yang kamu 
jadikan  untuk  mengingat-ingat  akan
keagungan,  dari 
Nabi  Muhammad? (Ada
keyakinan  beberapa aliran agama Islam,
bahwasanya shalat
Subuh itu meniru Nabi Adam, manakala diturunkan di dunia, belum
tahu  mana arah 
mata angin,  lantas ketika
matahari terbit,  Nabi  Adam 
bersujud  syukur
karena tahu  mana arah 
Timur.  Lantas  shalat 
Dzuhur,  meniru  Nabi 
Nuh, shalat  Ashar
meniru Nabi Ibrahim,
shalat Maghrib, meniru Nabi Musa dan Shalat Isya’, meniru Nabi
Isa,  dan rupanya keyakinan  inilah 
yang dianut  oleh  Kyai 
Hassan  Bashori,  lawan debat
Gatholoco), Kyai Guru
menjawab.
15. Sêmbahingsun salat witri,  iya 
ing  samasa-masa,  Gatholoco 
pamuwuse,  Sira  iku
santri 
blasar,  mangka  Nabi Muhammad,  têtela 
Nabi  Panutup,  tunggule nabi
sadaya.
Untuk mengingat Nabi
Muhammad adalah shalat Witir, tidak terikat waktu! Gatholoco
berkata,  Kamu 
santri  tersesat,  padahal 
Nabi  Muhammad,  jelas-jelas Nabi  Penutup,
penutup seluruh Nabi.
16. Parentahe ora sisip, 
wus  kapacak aneng  kitab, 
ingkang  salah sira  dhewe, 
kinen
sujud kaping lima, rina wêngi mangkana, esuk-esuk wayah
Subuh, sujud tumrap
maring Adam.
Setiap perintahnya
tidak keliru, sudah jelas didalam semua kitab, yang salah memaknai
adalah dirimu sendiri,
diperintahkan sujud lima kali sehari, siang dan malam, pada saat
pagi hari waktu Subuh,
sujud kepada Adam.
17. Iku dudu Adam Nabi, 
adam suwung  sujudana,  kang 
suwung  langgêng  anane,
marmanira 
sinujudan, dene luwih kuwasa, ngilangake pêtêng  iku, 
kagênten
padhanging surya.
Sesungguhnya
bukan  Adam  Nabi, 
Adam berarti  ‘Kosong’ dan  sujudlah, 
kepada Yang
Maha Kosong dan  Yang Abadi Ada-Nya (tersebut),  oleh 
sebab  mengapa wajib  untuk
bersujud, karena Yang
Maha Kosong sungguh berkuasa, menghilangkan kegelapan, dan
menggantikannya dengan
terang. (Maksudnya Yang Maha Kosong mampu memberikan
terang kepada
Kesadaran semua makhluk dan mampu mengusir semua kegelapan batin).
18. Panase saya 
ngluwihi, saking  kuwasaning  Allah, 
surya  iku darma  bae, 
sakehe
manusa  dunya,  samya susah sadaya,  krana 
saking  panasipun,  Nabi 
Muhammad
parentah.
Menjelang tengah  hari 
(maksudnya dalam pengembaraan Ruh  didunia fana) panasnya
sangat-sangat menyiksa
(maksudnya dualitas dunawi sangat membelenggu Ruh), karena
kuasa Allah,  Matahari Hanya sarana semata (maksudnya
Dualitas hanya sarana menggembleng
Kesadaran  Ruh 
saja),  seluruh  manusia/makhluk  didunia, 
sangat
menderita
(terombang-ambing dualitas  dunia),
karena sangat-sangat  panasnya,  Nabi
Muhammad
memerintahkan.
19. Marang umatira sami, supaya padha sujuda, marang Kang
Murbeng alame, tatkala
patang 
rakangat,  kabeh padha  nuwuna, 
mring  sudane panas  iku, 
lan sudane
dosanira.
Kepada seluruh
ummatnya, agar ditengah hari bersujud, kepada Yang Menguasai Alam
(Dualitas), sebanyak
empat raka’at, seluruh ummat diperintahkan untuk memohon, agar
mengurangi panas
(penderitaan) duniawi, berikut memohon agar dilebur segala dosa-dosa
(seluruh karma
buruk)-nya.
20. Lan padha 
nuwuna  maning,  linanggêngna kaluhuran,  kaya 
luhure srêngenge,
pramilane lama-lama, 
tumurun saya  andhap, daya  asrêp panasipun,  wong 
akeh
ngarani Ngasar.
Dan  juga agar memohon,  tetap 
mendapat keluhuran  (Tingginya
Kesadaran),  bagaikan
luhur (tinggi)-nya
matahari kala tengah hari, lantas sedikit demi sedikit, matahari turun
semakin  rendah, 
panasnya mulai  berkurang (lambang
penderitaan  berganti  dengan
kesenangan), semua
orang menamakan waktu Ashar.
21. Nabi  Muhammad
ningali,  parentah mring  umatira, 
supayane sujud maneh,  sarta
padha nênuwuna, langgêng ananing Suksma, lan padha nuwuna
iku, linanggêngna
kaluhuran.
Nabi Muhammad  melihat, 
lantas memerintahkan  kepada ummatnya,
agar kembali
bersujud,  dan 
agar memohon,  kepada Hyang  Suksma (Tuhan 
Maha Gaib),  agar tetap
langgeng
(Ketinggian  Kesadarannya walau  penderitaan 
tengah  berganti  dengan
kegembiraan).
22. Pangeran Kang 
Maha  Luwih, angganjar ing  asorira, 
linanggêngna  kamulyane,
dadine bisa kalakyan, tumurun saya andhap, mulane
ngaranan surup, sira padha
sumurupa.
Tuhan  Yang Maha Kuasa,  mampu 
menganugerahkan  kemuliaan
dan  kehinaan
(Kesadaran),  semoga senantiasa langgeng kemuliaan  Kesadaran, 
agar  bisa selamat
sampai  tujuan 
(Moksha/Jannatun  Firdaus),
semakin  turun  matahari, 
dinamakan  ‘surup’
(sore), karena
maksudnya ‘sumurupa’ (ketahuilah)!
23. Kuwasanira 
Hyang  Widdhi,  bisa 
gawe pêtêng  padhang,  gawe unggul 
lan asore,
kang  padhang  têgêse gêsang,  kang 
pêtêng  iku pêjah,  Nabi 
Muhammad andulu,
parentah mring umatira.
Akan  kekuasaan Hyang  Widdhi, 
yang mampu  membuat  gelap dan 
terang,  mampu
membuat tinggi dan
rendah, yang ‘terang’ maksudnya ‘Hidup’, yang ‘gelap’ maksudnya
‘Mati’,  (Manusia disebut Hidup  manakala telah mencapai Terang Sejati,  dan 
manusia
disebut ‘Mati’
manakala masih  terikat  jerat 
duniawi dan  lahir berulang-ulang
di  alam
fisik ini), Nabi
Muhammad melihat, lantas kembali memerintahkan kepada ummatnya.
24. Den purih sujuda maning, marang Ingkang Murbeng alam,
dene luwih kuwasane,
bisa  gawe
pêtêng  padhang,  lan gawe pêjah gêsang,  bilahi 
asor lan unggul,  lama-
lama kang baskara.
Agar  kembali 
bersujud,  kepada Yang
Menguasai  Alam  (Dualitas), 
karena kuasa-Nya,
mampu membuat gelap
dan terang, membuat mati dan hidup, hina dan mulia (Dualitas
duniawi), lama-lama
matahari.
25. Jagade datan kaeksi, pêtênge saya katara, amratani
jagad kabeh, manusane alam
dunya, rumasa kasusahan, krana saking pêtêngipun, amarga
suruping surya.
Dunia tak terlihat,
kegelapan semakin merebak, merata diseluruh jagad, seluruh makhluk,
merasa sedih,  disebabkan 
karena kegelapan  tersebut,
gelap  karena hilangnya matahari.
(Lambang dari
kegelapan Kesadaran karena pengaruh dualitas duniawi).
26. Sagunge umat nuruti, 
nênuwun marang  Pangeran,  kanthi 
nangis panuwune,
mulane ngaranan Ngisa, 
tegese Anangisa,  marang  Ingkang 
Murbeng  Luhur,
Nênuwun supaya padhang.
Seluruh  ummat 
menurut,  memohon  kepada Tuhan, 
dengan isak  tangis,  makanya (bagi
orang Jawa) menyebut
waktu shalat sehabis mahgrib adalah Ngisa, karena saat kegelapan
Kesadaran  adalah 
saat untuk  ‘Anangisa’  (Menangislah),  kepada Yang Menguasai
Keluhuran
(Ketinggian), memohon supaya agar tetap diberikan terang (Kesadaran).
27. Kagênten padhanging sasi, sakehe manusa suka,
uninga  wulan cahyane, padhang
sarta ora panas, cacade mung pisahan, mulane ingaran
santun, santun warna sabên
dina.
Terang yang
digantikan  oleh  terangnya Rembulan  (maksudnya dalam kegelapan
Kesadaran,  terang yang 
reduppun  sudah  cukup 
daripada gelap  gulita  tanpa cahaya
Kesadaran), seluruh
makhluk bisa sedikit bersuka cita, melihat Rembulan dan cahayanya,
walau  terang tiada panas,  walaupun 
tidak  stabil, makanya
disebut  ‘santun’ (Berubah),
karena cahaya Rembulan
(cahaya Kesadaran yang redup ditengah kegelapan), berubah-
rubah setiap hari.
(Tidak stabil). (Rembulan disebut juga ‘Santun’ yang artinya
‘Berubah-rubah/Tidak stabil’ oleh orang Jawa, 
maksudnya Rembulan  dilambangkan  sebagai 
Kesadaran  yang redup.  Dan Kesadaran yang redup sangat tidak
stabil).
28. Têgêse sasi 
samya  sih,  Kyai 
Guru aris mojar,  kitab apa  pathokane, 
Gatholoco
angandika, Barulkalbi arannya, mangrêtine Barul: Laut,
dene Kalbi iku Manah.
Arti  ‘Sasi’ (padanan  kata Rembulan/Santun) adalah  ‘SA-mya SI-h’ (Semua Kasih  ~
Maksudnya walaupun  ditengah kegelapan  sekalipun, 
tetaplah  menebarkan  Kasih.
Walaupun  ditengah 
Kesadaran redup karena pengaruh 
penderitaan duniawi,  tetaplah
mengedepankan  Kasih), Kyai 
Guru  pelan  bertanya, 
Dari  Kitab  apa semua yang kamu
uraikan  tadi? Gatholoco  menjawab, (Kitab) Barulkalbi  (Bahri 
Al-Qalbi),  Bahri  artinya
Samudera, sedangkan
Qalbi artinya Hati/Kesadaran.
29. Ati kang kaya jaladri, tanpa watês jero jêmbar, lan
maneh akeh isine, Kasan Bêsari
têtannya, sira ora 
sêmbahyang,  Gatholoco aris  muwus, 
sêmbahyang  langgêng  tan
pêgat.
Hati/Kesadaran yang
luas seluas Samudera, tiada batas tiada terukur dalam dan luasnya,
dan sangat-sangat
banyak terkadung isi mutiara, Kasan Besari (Hassan Bashori) bertanya,
Kamu menjalankan
shalat? Gatholoco pelan menjawab, Shalatku langgeng tiada terputus.
30. Sujud-mami 
sujud eling,  keblatku
têngahing  jagad,  barêng 
napasku sujude,
napasku mêtu mbun-mbunan, salatku mring Pangeran, mêtu
saking utêkingsung,
sêmbahyangku mring Hyang Suksma.
Sujud-ku Sujud Ingat
(Maksudnya Kesadaran yang terus stabil), Kiblat-ku Pusat Semesta
(Maksudnya focus
penyembahan  adalah  Inti 
Dunia dan  Inti  Makhluk, 
tak  lain  adalah
Brahman/Tuhan),  Sujud-ku 
diiringi  dengan  Nafas (Maksudnya Kesadaran  ini 
saat  Ruh
terikat  badan
materi,  sangat 
terkait  dengan
nafas.  Pengendalian 
nafas  mampu
mengendalikan  Kesadaran 
juga.  Nafas  dan 
Kesadaran,  saat  badan materi 
masih
membelenggu Ruh, tidak
bisa dipisahkan), Nafas-ku keluar dari ubun-ubun (Nafas yang
dikendalikan seolah
bukan keluar masuk dari hidung lagi, tapi seolah-olah keluar masuk
dari  ubhun-ubun, 
menyatu  dengan  Kesadaran), shalatku  menghadap 
kepada Tuhan,
keluar dari  otakku (Shalat  yang terus menerus dilaksanakan keluar
dari  Kesadaran),
shalatku menghadap
kepada Hyang Suksma (Tuhan Maha Gaib).
 
31. Ingkang mêtu lesan-mami, sêmbahyang mring Rasulullah,
kang mêtu irungku kiye,
ingkang Dzat pratandhanira, iku taline gêsang, kabeh
saking napasingsun, sêbutku
Allahu Allah.
Pujian  yang 
keluar  dari  lidahku, 
pujian  kepada Rasulullah  (Ruh), 
sama dengan  pujian
yang  keluar dari hidungku  (nafas) ini, 
sesungguhnya semua perwujudan 
Dzat
(Hidup/Tuhan),  nafas adalah 
pengikat  Hidup  (selama ada nafas,  selama itu 
pula
Hidup/Tuhan/Dzat  masih 
ada didalam  badan  materi), 
bisa dilihat  dari  adanya nafas,
pujian nafasku
berbunyi Allahu Allah.
32. Sira  padha
ora  ngrêti,  Rasulullah sabatira,  iku durung 
linairke,  lintang  wulan
lawan surya, alam dunya wus ana, yêkti tuwa suryanipun,
iku kang kitab Ambiya.
Kalian  semua tidak 
mengetahui,  Rasulullah  (maksudnya Nabi  Muhammad) panutan
kalian,  saat 
belum  dilahirkan,  seandainya diibaratkan dengan  bintang 
rembulan dan
matahari,  beserta bumi 
ini,  jelaslah  lebih 
tua matahari,  hal ini  tercatat 
dalam  Kitab
Anbiya’.
33. Kang 
tinitahake dhingin,  dening  Hyang 
Cahya  Muhammad,  iku lawan sakabate,
nanging wujud êRoh samya, neng  jroning 
Lintang  Johar,  mangka Lintang  Johar
iku, wawadhahe Roh sadaya.
(Sebelum  Nabi 
Muhammad  lahir)  yang ada dahulu,  adalah 
Hyang Cahya Muhammad
(Nur Muhammad  ~ 
Cahaya Terpuji/Cahaya Perwujudan 
Tuhan  pertama kali  yang
merupakan cikal-bakal
semesta raya ~ Purusha dalam istilah Weda), beserta seluruh para
sahabatnya (maksudnya
seluruh  Atma-Atma semua),  akan 
tetapi  masih  berwujud 
Ruh,
berada didalam  kandungan 
Lintang Johar (Lintang ~ 
Bintang,  Johar/Jauhar ~ Mutiara,
maksudnya juga Nur
Muhammad tersebut), ketahuilah Lintang Johar itu, sumber segala
Ruh makhluk.
34. Babonira saking Urip, dadi saking Nur Muhammad,
lintang rêmbulan srêngenge,
ora  liya  asalira, 
pan saking  Nur Muhammad,  mangka 
Lintang Johar iku, dadi
pusêre Muhammad.
(Nur Muhammad atau
Lintang Johar) adalah perwujudan Hidup (Allah), semesta raya ini
berasal dari Nur
Muhammad, bintang rembulan matahari, tiada lain sumbernya dari sana,
berasal dari Nur
Muhammad, sedangkan Lintang Johar, ibarat pusar (tempat keluarnya)
seluruh semesta.
35. Yen sira 
maido  mami,  dadi 
nampikakên sira,  mring  Kuran sêsêbutane,  Kasan
Beêari miyarsa, 
rumaos kaungkulan,  mangkana  denira 
muwus,  Wis  Gatholoco
minggata.
Jikalau  kamu 
membantahku,  sungguh sama saja
kamu  menolak,  kepada ajaran 
Al-
Qur’an,  Kasan 
Besari (Hassan  Bashori)
mendengarnya, merasa kalah, beginilah 
dia
akhirnya berkata,
Sudah Gatholoco minggatlah kamu dari sini!
36. Gatoloco 
anauri,  sun linggih langgare
Allah,  kabênêran panggonane,  iki 
aneng
têngah jagad, 
ingsun sênêng  kapenak,  linggih langgar karo  udut, 
ngênteni
prentahing Allah.
Gatholoco  menjawab, 
Aku  duduk  di 
musholla Allah,  sangat
nyaman  tempatnya,  aku
merasa dipusat  semesta, 
aku  merasa nyaman,  duduk 
didalam  musholla sembari
menghisap candu
(spiritualitas), sembari menunggu perintah Allah.
37. Sakala  Kasan
Bêsari,  sidhakep kendêl  kewala, 
puwara  alon wuwuse,  wus dadi
prasêtyaningwang, kalamun bantah kalah,  kabeh iki darbekingsun,  sira 
wajib
mengkonana.
Seketika Kasan
Besari  (Hassan  Bashori), bersendekap sembari  diam, 
lantas terdengar
suaranya, Sudah  menjadi 
janjiku,  jikalau  aku kalah 
berdebat, maka semua ini  akan
menjadi milikmu,
dirimu wajib memilikinya.
38. Ingsun rila lair batin, langgar wisma barang-barang,
pasrah sah duwekmu kabeh,
santri  murid
ing  Cêpêkan,  ingkang 
sênêng  ngawula,  mara 
sira  anggêguru,
wulangên ilmu utama.
Aku rela lahir batin,
musholla rumah berikut seluruh perabotan, aku berikan kepadamu
semua, para santri
murid Cepekan, jika memang hendak tetap berguru, silakah berguru
kepadamu, ajarilah
ajaran utama.
39. Para Kyai mitra 
mami,  ingsun sumarah kewala,  apa 
kang  dadi  karsane, 
manira
saiki uga, nêja lunga lêlana, kabeh keriya rahayu, Kasan
Bêsari gya mangkat.
Para Kyai sahabatku
semua, aku sudah pasrah, apa yang menjadi kehendak-Nya, diriku
sekarang  juga, 
hendak berkelana,  semoga
yang  aku 
tinggalkan disini  mendapat
keselamatan, Kasan
Besari (Hassan Bashori) segera berangkat.
40. Nalangsa 
rumasa  isin,  saparan kalunta-lunta, katiwang-tiwang  lampahe, 
ingkang
kantun ing 
Cêpêkan,  Gatholoco  sineba, 
para  murid tigang  atus, 
andêr samya
munggeng ngarsa.
Sangat-sangat  malu, 
terlunta-lunta dalam 
perjalanan,  sedih  dalam 
pengembaraan, yang
ditinggalkan  di 
Cepekan, Gatholoco  dihadap,  seluruh 
murid  sebanyak  tiga ratus orang,
bersila rapi berada
dihadapan.
41. Gatholoco sukeng galih, angandika mring sakabat,
Sanak-sanakingsun kabeh, yen
sira  arsa  raharja, 
poma-poma  elinga,  aywa tiru lir gurumu,  anggêpe sawênang-
wênang.
Gatholoco gembira
dalam hati, berkata kepada seluruh sahabat (murid), Wahai saudaraku
semua,  apabila dirimu  ingin 
mendapat ketentraman, 
ingat-ingatlah  kata-kataku,  jangan
meniru tingkah laku
gurumu (Kyai Hassan Bashori), sewenang-wenang kepada sesama.,
42. Kang 
mangkono  ora  bêcik, 
ngina-ina  mring  sasama, 
umat iku padha  bae,  pintêr
bodho  bêcik
ala,  bêja  lawan cilaka, 
wong  kuli  tani priyantun,  lanang 
wadon ora
beda.
Tingkah yang demikian
tidaklah patut, menghina sesama manusia, seluruh umat itu sama,
pintar bodoh  tampan 
buruk,  yang beruntung  dan 
yang sengsara,  kuli  petani 
priyayi
(bangsawan), lelaki
maupun perempuan tiada beda.
43. Wus pinêsthi mring 
Hyang  Widdhi,  tan kêna 
ingowahana,  papêsthene dhewe-
dhewe, mulane bêcik narima, aywa katungkul sira, urip iku
bakal lampus, aneng
dunya ngelingana.
Sudah  menjadi ketetapan  Hyang Widdhi, 
tak  bisa dirubah,  takdir dari setiap  makhluk,
oleh  karenanya terimalah,  jangan 
terus merasa tidak puas, 
hidup  ini  pasti 
bakal  mati,
hidup didunia selalu
ingat.
44. Aja 
jubriya  lan kibir,  sumêngah nggunggung  sarira, 
open dahwen panastene,
karêm dora pitênahan, 
jail  silib melikan,  angapusi 
agal  alus,  anggluweh dhêmên
sikara.
Jangan  Jubriya (Riya : Suka pamer) dan  Kibir (Takabbur : Sombong), senantiasa
menganggap  diri 
yang paling unggul,  suka
mencampuri urusan  orang suka sirik  dan
gampang tersinggung,
suka berbohong dan memfitnah, jahil suka selintutan dan gampang
mengingini  milik 
orang lain,  suka menipu  baik 
secara kasar  maupun  halus, 
seenaknya
dan suka bertengkar.
45. Aja  pisan
ladak êdir,  watak angkuh nguja  hawa, 
aja  warêg  mangan sare,
nglakonana 
sawatara,  ingkang  sabar tawakal,  ingkang 
sumeh aja nepsu,  ngajeni
marang sasama.
Jangan  sesekali 
berlebihan,  angkuh  dan 
suka menuruti  keinginan  badani, 
jangan  suka
banyak  makan 
dan  banyak  tidur, 
jalanilah  secukupnya,  sabarlah 
dan  tawakallah,  yang
ramah dan jangan jadi
pemarah, hargailah sesama manusia.
46. Aja sira gawe sêrik, aja sira gawe gêla, aja gawe
wêdi kaget, iku aran najis karam,
nyandhang mangan ingkang sah, iku lakune wong ilmu, tan
kêna kanthi sêmbrana.
Jangan  membuat 
sakit  hati  sesame, 
jangan  membuat  kecewa sesame,  jangan 
suka
menakut-nakuti
dan  mengagetkan  sesame, semua itu  najis dan 
haram
yang
sesungguhnya!  Itulah  sesungguhnya yang  disebut memakai  pakaian 
dan  memakan
makanan sah (halal)
PUPUH VI
Kinanti
1.     Kudu
ingkang  nrimeng  pandum, 
sumarah karsaning  Widdhi,  manusa 
darma
kewala, saikine sun takoni, apa mantêp trusing driya,
ngaku bapa marang mami.
Harus menerima kepada
ketentuan hidup (karma yang kita terima), pasrah kepada Hyang
Widdhi, manusia
sekedar menjalani, sekarang aku hendak bertanya, apakah kalian benar-
benar telah mantap
lahir batin, mengakui aku sebagai bapa kalian?
2.     Lamun
sira  wus tuwajuh,  gugunên pitutur iki,  nanging 
sira  aja  samar, 
tan kêna
maido ilmi, yen maido kêna cêndhak, uripe kamulyanneki.
Jika memang telah  mantap 
lahir batin,  ikutilah  nasehatku 
ini,  akan  tetapi 
janganlah
gampang
meremehkan  ilmu  orang, jika gampang meremehkan  ilmu 
orang maka akan
mendapat kesempitan,
sempit kemuliaan diri.
3.     Kabeh
sira  anakingsun, badhenên pasemon
iki,  Lamun bêngi ana apa,  Yen awan
ingkang ngêbêki, Apa ingkang ora nana, Satuhune iya êndi.
Semua anak-anakku,
jawablah perlambang yang aku uraikan ini, Ada apakah ‘ditengah
keheningan malam’?
Apakah ‘yang meliputi terangnya siang hari’? Apakah sesuatu yang
‘tidak  ada’ 
itu  ? Sesungguhnya dimanakah  (‘yang ada ditengah  keheningan 
malam’,
‘yang meliputi
terangnya siang’ dan ‘yang tidak ada’ tersebut?)
4.     Doh tanpa
wangên iku, Cêdhak tan senggolan iki, Yen adoh katon gumawang, Yen
cêdhak datan kaeksi, Lamun isi ana apa, Yen suwung luwih
mratani.
Sangatlah jauh tanpa
batasan pasti, Sangatlah dekat namun tak bersentuhan, Jikalau jauh
terlihat  berpendar, 
Jikalau  dekat  tiada terlihat,  Jika diumpamakan  sebuah 
‘isi  sesuatu’
apakah itu? Jika
diumpamakan ‘kosong’ lebih dari kekosongan dan meliputi semuanya.
5.     Lêmbut tan
kêna jinumput, Agal tan kêna tinapsir, Ingkang amba langkung rupak,
Kang ciyut wiyar nglangkungi, Bumbung wungwang isi apa,
Sapa neng ngarêpmu
kuwi.
Sangat halus hingga
tak bisa dijumput (dijumput ~ diambil dengan dua jari dengan sangat
hati-hati  karena sangat 
kecilnya),  Sangat  nyata tapi tak  bisa dinyatakan,  Sangat 
lebar
namun  juga sempit, 
Sangat  sempit  tapi  lebarnya
melebihi semua yang lebar,  Ditengah
bilah bambu apa
‘isi’-nya? Bahkan dihadapanmu sekarang (siapakah Dia?)
6.      Yen lanang
tan nduwe jalu,  Yen wadon tan duwe
bêlik, Iya  kene iya  kana, Iya
ngarêp iya buri, Iya kering iya kanan, Iya ngandhap iya
nginggil.
Jika lelaki  tapi 
tak  memililiki kelamin  laki-laki, 
Jika perempuan  tak  memiliki 
kelamin
perempuan, Ada disini
dan ada disana, Ada di depan juga ada dibelakang, Ada dikiri juga
ada dikanan, Ada di
bawah juga ada diatas.
7.     Baitane ngêmot
laut, Kuda ngrap pandhêgan nênggih, Tapaking kuntul ngalayang,
Pambarêp adhine ragil, si Wêlut ngêleng ing parang,
Kodhok ngêmuli lengneki.
Perahu  memuat 
seluruh samudera,  Kuda
berlari  kencang ditempat  pemberhentiannya
(banyak yang salah
tulis dalam setiap primbon ungkapan ini, yaitu KUDA NGÊRAP ING
PANDÊNGAN, padahal
yang benar KUDA NGÊRAP ING PANDHÊGAN (Kuda berlari
Kencang ditempat
pemberhentiannya/kandangnya. PANDHÊGAN ~ TEMPAT
BERHENTI = GÊDHOGAN),
Jejaknya burung bangau yang tengah terbang melayang,
Yang sulung juga
yang  bungsu,  Belut 
mempunyai  rumah  didalam batu cadas,  Katak
menyelimuti rumahnya
sendiri.
8.     Wong  bisu asru calathu,  Jago 
kluruk jro  ndogneki,  Wong picak amilang  lintang,
Wong  cebol  anggayuh langit,  Wong 
lumpuh ngidêri  jagad, Aneng
ngêndi susuh
angin.
Orang bisu  tapi 
keras suaranya,  Ayam  jago 
berkokok  didalam telurnya,
Manusia buta
menghitung bintang
dilangit,  Manusia cebol menggapai  langit, 
Manusia lumpuh
berkeliling dunia,
Dimanakah kediaman angin?
9.   Aneng  ngêndi 
wohing banyu,  Myang atine
kangkung  kuwi,  Golek gêni 
nggawa
diyan, wong ngangsu pikulan warih, Kampuh putih tumpal
pêthak, Kampuh irêng
tumpal langking.
Dimanakah  inti 
air,  Dimanakah  pusatnya tumbuhan  kangkung, Mencari  api membawa
pelita,  Mencari 
air memikul  air,  Kemben putih 
tertutup  warna putih, Kemben  hitam
tertutup warna hitam.
10. Tumbar isi tompo iku, Randhu alas angrambati, mring
uwit sêmbukan ika, Sagara
kang tanpa têpi, Rambut irêng dadi pêthak, ingkang pêthak
saking ngêndi.
Biji  ketumbar berisi  wadhahnya, 
Pohon  randhu  hutan 
merambat,  kepada tumbuhan
simbukan (simbukan
adalah jenis tumbuhan rambat, tapi malah dirambati pohon randhu
hutan),  Lautan 
yang tak bertepi,  Rambut
hitam  berubah  putih, 
warna putih  darimana
datangnya?
11. Irênge mring 
ngêndi  iku,  Kalawan kang 
diyan mati,  urube mring  ngêndi 
ika, golekana kang pinanggih, yen tan wêruh siya-siya, durung sampurna
kang ilmi.
Dan  kemanakah 
hilangnya warna hitam  tadi?
Dan  lagi 
jika pelita padam,  kemanakah
perginya nyala api?
Carilah hingga ketemu, manakala tidak bisa mengetahui akan sia-sia,
tidak sempurna ilmu
kalian.
12. Ingkang sarah munggeng laut, gagak kuntul saba sami,
duk mencok si kuntul ika, si
gagak ana ing ngêndi, gagak iku nulya têka, si kuntul
mibêr mring ngêndi.
Benda padat memenuhi
samudera, burung gagak  dan  burung bangau ikut  datang,
manakala bangau
bertengger diatas benda padat, burung gagak tiada kelihatan, manakala
burung gagak yang
datang, burung bangau terbang kemana? (Benda padat ~ Jasad materi.
Samudera ~ Dunia
materi. Burung gagak ~ Suksma Sariira/Nafs. Burung Bangau ~ Atma
Sariira/Ruh)
13. Prayoga kudu sumurup, 
kabeh sira  anak mami,  pralambang 
iku rasakna,  kang
katêmu padha jati, sajatining rasa ika, rasa jroning
jalanidi.
Oleh  karenanya harus bisa memahami,  wahai kalian 
semua anak-anakku,  seluruh
perlambang ilmu  sejati 
ini  renungkanlah,  jika bisa memahami  akan 
menemukan
kesejatian, sejatinya
rasa, rasa sejati didalam samudera (hidup).
14. Sasmitanên ingkang wimbuh, kawruhana ucap iki,
kalawan pangrungunira, sarta
paningalmu ugi, tan ana ucap dwi ika, dadi solah
tingkahneki.
Segala rahasia
akan  cepat tersingkapkan, benar-benar
perhatikan ucapanku  ini,  dengan
sepenuh pendengaran,
serta sepenuh penglihatan kamu, tiada lagi kebenaran kedua yang
menjadi sifatnya
(sifat kebenaran sejati itu tunggal, tak mendua).
15. Ora sak tan sêrik iku, tan têsbehmu Dzatullahi, kang
krasa yen datan mangan, den
krasa yen minum nênggih, sêmbahyanga den karasa, den krasa
Dzatullah kuwi.
Jangan ragu jangan
bimbang, bahkan pujianmu  itu Dzatullah,
rasakan benar-benar saat
kamu  tengah 
kelaparan  (tak  makan ~ 
ditengah penderitaan),  juga
rasakan  benar-benar
saat  kamu 
meminum air (saat  gembira),
ditengah  bersembahyang-pun  rasakanlah,
rasakanlah bahwa semua
ini Perwujudan Dzatullah!
 
16. Kang wus sawural Allahu, iku aran Salat Daim, ana
maneh ingaranan, Martabate
Kasdu kuwi, lawan Takrul Takyin ika, mangrêtine Kasdu
kuwi.
Yang sudah mampu
melihat semua ini adalah Allah, itu yang dinamakan Sholat Da’im
(Da’iman  ~ Abadi/Tak terputus/Tak  terbatas 
oleh  waktu),  ada lagi yang disebut
martabat/uraian/tingkatan  tentang Kasdu, dan  Takrul serta Takyin,  yang disebut Kasdu
adalah.
17. Pikarêpe niyat iku, 
ciptane ingkang  dumadi,  dene Takrul 
têgêsira,  pamêkasing
niyat nênggih, dumadine panggraita, mangrêteni ingkang
Takyin.
Maksud/fokus dari
niyat, kesadaran yang menjadi pegangan, sedangkan Takrul artinya,
akhir dari niyat
tersebut, tercapainya kesadaran sejati, sedangkan Takyin.
18. Iku nyata  yen
satuhu, wasesane niyat kuwi, dumadine ingkang cipta,  cêthane iku
sayêkti, ingkang Kasdu kuwi Iman, ingkang Takrul iku
Tohid.
Sungguh-sungguh  melihat 
bukti,  kuasa dari  niyat, 
tercapainya puncak  kesadaran,
sesungguhnya, yang
disebut Kasdu adalah Iman (Keyakinan), yang disebut Takrul adalah
Tokid (Tauhid ~
Kesatuan Tunggal).
19. Kang Takyin Makrifat iku, kang Iman yen ana kuwi, ing
niyat ingkang gumlethak,
yêkti iku ora serik, tansah ningali ing Allah, kang Tohid
nênge myang osik.
Yang disebut
Takyin  adalah  Ma’rifat 
(Menyaksikan  Kesejatian),  iman 
yang ada, harus
dibuat  niyat 
penuh  kepasrahan,  hilangkan 
segala kebimbangan,  hanya
melihat  kepada
Allah semata, Tauhid
adalah menyadari Kesatuan dari gerak dan diam (makhluk dengan
gerak dan diam Tuhan).
20. Gletheke paningal 
iku, pamyarsa  pangucapneki,  nyata 
angên-angênira,  ingkang
ngglethakakên Widdhi, myarsa ngucapkên pêsthinya, Allah
tangala ngimbuhi.
Menyadari  dengan 
penuh  kesadaran  bahwa semua penglihatan  ini, 
pendengaran  ini
berikut pengucapan
ini, serta seluruh gerak pikiran-pikiran ini, semua adalah perwujudan
Hyang Widdhi,
mendengar hingga berkata, Allah yang menggerakkannya.
21. Dadi aja sak srik iku, tingalira mring Hyang Widdhi,
ana dene kang Makrifat, iku
nênge lawan mosik, anênggih paningalira, pangrungu
pangucapneki.
Jangan  ragu-ragu 
lagi,  fokuskan  kesadaran 
bahwa semua ini  adalah  Hyang Widdhi,
sedangkan Ma’rifat,
diam serta gerak kalian, penglihatan, pendengaran pengucapan.
22. Dadi lan ing dhewekipun, têgêse iku sayêkti, Bila
têsbeh lire ika, tan loro kahanan-
neki, apan mung Allah kewala, ingkang mosik mênêng kuwi.
Wujud dan kepribadian
kalian, sesungguhnya nyata adalah, Bila tesbeh (billa tasbih : tak
ada yang dipuji  lagi), 
sesunguhnya tak  ada dua,  hanya Allah 
saja,  yang diam  dan
bergerak ini.
23. Pamiyarsa  lan
pandulu,  nyatane kahanan iki,  poma 
aja  sêrik lan sak,  sasmita
sariraneki, kang den ucap ingkang ngucap, tan liya Kang
Maha Suci.
(Berikut)
pendengaran  dan  penglihatan 
kita semua,  sangat  nyata keadaann  ini 
semua
(adalah perwujudan
Allah semata)! Jangan ragu dan bimbang lagi, akan rahasia dirimu,
apa yang kamu  ucapkan dan 
yang mengucapkan,  tak  lain 
adalah  Yang Maha Suci  itu
sendiri!
24. Kudu ingkang 
awas  emut, ora  nana 
liya  maning,  lamun sira 
tinakonan,  apa
pangajape Widdhi, mangkene wangsulanira, Pangawruhingsun
mring Widdhi.
Senantiasa waspada dan
ingat  dalam  kesadaran, bahwasanya tiada lain  lagi (semua ini
kecuali  Allah). Apabila kamu  ditanya Apa yang Hyang Widdhi  kehendaki 
darimu?
Jawablah, Menyadari
Hyang Widdhi itu sendiri.
25. Kawimbuhan ilmunipun, 
Pangeran Kang  Maha  Suci, 
ana  maneh soalira,  apa
ingkang den arani, sakêcap sarta satindhak, mênêng mung
sagokan kuwi.
Sehingga tercurahkan
ilmu, (Kesejatian akan hakikat) Tuhan Yang Maha Suci, ada lagi
pertanyaan, siapakah
yang, Mengucap dan Melangkah, Berdiam dan Bergerak ini semua?
26. Nulya saurana
gupuh, ujar sakêcap puniki, kang ngucap nênggih Hyang Suksma,
kang  mlaku
satindhak Widdhi,  kang  mênêng 
sagokan ika,  ingkang  wus 
angel
nggoleki.
Jawablah,  Yang Mengucap,  adalah 
Hyang Suksma (Tuhan), yang Melangkah 
adalah
Hyang Widdhi (Tuhan),
yang Berdiam dan Bergerak, adalah Dia Yang Sulit Dicari.
27. Hyang  Suksma  ya 
dhirinipun,  sarta  lamun den takoni, pira  Martabating 
Tingal,
saurana tri prakawis, Tasnip ingkang kaping pisan, Insan
Kamil kaping kalih.
Tak Lain adalah Hyang
Suksma sendiri, manakala ditanya, berapakah
Martabat/tingkatan/uraian  Penglihatan 
(Ruh)? Jawablah  tiga
perkara,  Tasnip  (Tasnif 
:
Penilaian) yang
pertama, Insan Kamil (Insanulkamil : Manusia Sempurna) yang kedua.
28. Kadil Kapri kaping têlu, Tasnip: Idhêp têgêsneki,
Insan Kamil: Kang Sampurna,
iku kaya Roh Ilapi, utawa Tasnip sêmunya, tingal luluh
sampurnaning.
Kadil Kapri (Khadil :
Mengecewakan, Qafri : Gurun, Gurun yang
mengecewakan~maksudnya
penglihatan yang palsu) yang ketiga, Tasnip (Tasnif) artinya
Idhep  (Penilaian 
Kesadaran  untuk  melihat), 
Insan  Kamil  adalah 
(penglihatan) Yang
Sempurna, sudah
menjadi Ruh ilapi (Ruh Idhofi : Ruh penambah kesempurnaan),  atau
Tasnip maksudnya,
penglihatan telah luluh sempurna (kepada Yang Dilihat).
29. Wahyu iku têgêsipun, ingkang  paningale sidik,  iku têtêp wahyunira,  pramilane
samya wajib, den wêninga prabedanya, anggenira aningali.
(Mendapat) wahyu
(penglihatan sejati) maksudnya, bagi mereka yang penglihatan Ruh-
nya jernih,  maka disebut tetap mendapatkan wahyu,
oleh  karenanya wajib bagi  kalian,
mengetahui perbedaan
(penglihatan Ruh diatas), disaat kalian hendak melihat Kesejatian.
30. Mring 
Nabi  Wali  Mukminu, 
Nabi  têtêp tingalneki,  dene para 
mundur ika,  ing
tingale Wali Mukmin, pira Martabating Lampah, wangsulana
dwi prakawis.
Perbedaan  (penglihatan) Nabi  Wali 
maupun  Para Mukmin,  bagi 
yang sudah  mencapai
tingkat
ke-Nabi-an  akan stabil  penglihatannya, sedangkan dibawah
tingkatan  itu  masih
labil,  yaitu 
penglihatan Wali  dan  Mukmin, 
berapakah martabat/tingkatan/uraian 
dari
Lelaku
(Riyadloh/Sadhana/Pencarian spiritualitas) itu? Jawablah ada dua perkara.
31. Dhingin kaya gêni iku, kaping kalih kaya angin,
sêmune kang kaya brama, pênêt
panase pribadi, têgêse sira mrih enggal, panrima kasuwen
dening.
Yang pertama bagaikan
api,  yang kedua bagaikan angin,  yang dimaksud bagaikan  api,
mencari  inti 
panasnya diri  pribadi  (berjuang membasmi  panasnya kegelapan  batin),
dengan cara tersebut
akan membuat diri kalian cepat, mencapai tingkat kepasrahan.
32. Ingkang  angin
têgêsipun,  pênêt  tan kêna 
pinurih,  têgêse wus ora  pisan, susah
angulati malih, pira Martabating Badan, saurana tri
prakawis.
Bagaikan angin
maksudnya mencari sesuatu yang ‘Tak dapat dicari’, dimana ‘Yang tak
tak  dapat 
dicari’  tersebut sesungguhnya
sekali-sekali,  tidak  perlu 
dicari jauh-jauh,
berapakah
martabat/tingkatan/uraian tentang Badan?
33. Wondene ingkang rumuhun, kaya tanggal ping Pat
nênggih, ping dwi kaya tanggal
Sanga, tanggal ping Patbelas ping tri, têgêse tanggal
kaping Pat, tulis lair tulis batin.
Yang
pertama-tama,  bagaikan  bulan 
muncul  ditanggal  Empat 
(memakai perhitungan
sonar system),  yang kedua bagaikan  bulan 
muncul ditanggal  Sembilan,  yang ketiga
bagaikan  bulan 
yang muncul  ditanggal  Empat 
belas,  maksud  bagaikan bulan  tanggal
empat ( tangal empat
jawa atau perhitungan kalender menggunakan sonar system, bulan
tidak  akan kelihatan)  berarti 
lahir batin  masih  nampak tersirat (masih  benar-benar
tenggelam pada
material dunia, masih diliputi kegelapan illusi)
34. Kaya tanggal Sanga iku, luluh sirna têgêsneki,
kahananira Pangeran, tanggal ping
Patbelas kuwi, dene sasêjane sama, kaya Kang Ndadekkên
nênggih.
Yang dimaksud bagaikan
tanggal Sembilan (tanggal Sembilan jawa atau menggunakan
perhitungan  kalender sonar system,  bulan 
mulai  muncul walau  berbentuk 
sabit),  yang
material mulai  luluh 
dan  sirna oleh karena,
keberadaan  Tuhan (mulai nyata),  bagaikan
tanggal Empat belas
(tanggal Empat belas jawa atau menggunakan perhitungan kalender
sonar system), seluruh
kehendak telah sama, manunggal sama dengan Yang Menciptakan
Alam! (Illusi telah
tersingkap, bagaikan Bulan Purnama. Tuhan telah mewujud nyata!)
35. Wus tumêka 
wangênipun,  têkane kawula  kuwi, 
ora  nêja  yen dadiya, 
dadi Gusti
kang sayêkti, nanging yêkti dadi uga, pira Martabat
Pamanggih.
Sudah  mencapai 
tingkatan  tertinggi,  keberadaan Kawula (hamba),  tak 
disengaja telah
menjadi, keberadaan
Gusti Yang Sejati, dan benar-benar terjadi, berapakah 
martabat/tingkatan/uraian
dari Etika Tingkah Laku.
36. Saurana 
lima  iku, kang  dhingin Klêthêking  ati, 
ingkang kaping  kalihira,
Katêpêking  lampah
nênggih,  Panjriting  tangis 
ping  tiga,  Kêthuk nutu ping  pat
nênggih.
Jawablah terdiri dari
lima perkara,  yang pertama bagaikan
Kegelapan hati,  yang kedua
bagaikan Suara langkah
kaki, yang ketiga bagaikan Jerit tangis, yang keempat bagaikan
Suara ketukan
orang  menumbuk  padi 
(jaman dahulu  untuk  memisahkan 
padi  dengan
kulitnya, harus
ditumbuk disebuah tempat yang namanya Lesung. Menumbuk padi dalam
istilah orang Jawa
disebut Nutu. Disaat aktifitas menumbuk padi ini, suara ketukannya
akan  terdengar indah  berirama. 
Apalagi  jika yang melakukan  aktifitas lebih  dari 
satu
orang.  Suara yang terdengar sangat  khas. 
Suara ketukan  menumbuk  padi 
ini  dikenal
dengan sebutan gamelan
Lesung.)
37. Cleret Ngantih ping 
limeku,  dene Panjriting  wong nangis, 
lawan Klêthêking
wardaya, 
myang  Têpêking  wong 
lumaris,  tuhune iku pangucap,  martanipun akir
kadi.
Dan  bagaikan Pelangi  yang kelima, 
maksud  dari Jerit tangis, dan
juga Kekotoran  hati,
serta Suara langkah
kaki, sesungguhnya adalah lambang dari kegelisahan batin yang tak
terucapkan, jika mampu
menyadari hal ini maka pada akhirnya.
38. Kaya Kapilaku iku, 
ing  tekade kang wus tampi,
Calereting  Ngantih ika, lir Sipat
Jamalullahi, Kêethuking nutu upama, wêdale pangucapneki.
(Harus  dijadikan) Kaya Kapilaku  (Haya’ 
alkafiilah  : Untuk  memastikan 
rasa malu  ~
maksudnya segala
kekotoran  hati,  jerit 
tangis/ketidak  terimaan  dan 
suara langkah
kaki/degub
gemuruh  ketidak  tenangan adalah hal-hal  yang 
patut  dijadikan  obyek
perasaan  malu 
bagi  yang ingin  meningkatkan kejernihan  diri. 
Kekotoran  hati,  Jerit
Tangis/ketidak puasan
dan Suara Langkah Kaki/degup ketidak tenangan adalah rintangan
mencapai tingkat
kesucian, seharusnya kita malu jika tetap memelihara hal-hal semacam
itu),  itulah 
ketetapan  diri bagi  yang hendak 
belajar  berserah  total, 
Pelangi  maksudnya,
bagaikan  sifat 
Jamalullah  (Jamil :  Cantik 
~  Jamalullah  : 
Kecantikan Allah),  Suara
ketukan orang menumbuk
padi, lambing dari Ucapan Yang telah keluar.
(Maksudnya, tiga
perlambang awal, 1. Kletheking Ati : Kekotoran Hati, 2. Katepeking
Lampah  : Suara Langkah/degup  ketidak tenangan,  3. 
Panjriting Tangis
: Jerit
Tangis/ketidak  puasan,  adalah 
lambang ketidak murnian  diri  yang seharusnya sangat
memalukan  bagi 
manusia yang sadar.  Ketidak
murnian  ini  ada didalam 
diri  yang
berputar-putar bagai
awan panas menggelora. Lambang ke empat yaitu Kethuking Nutu
adalah Ucapan yang
keluar dari orang yang sadar yang bisa menetralisir segala hal-hal
negative yang
bergelayut didalam diri, sehingga ucapan yang keluar terdengar positif dan
indah, bagai suara
orang menumbuk padi yang merdu. Dan jika hal ini bisa dibiasakan,
maka diri  kita nyata telah  menjadi 
perwujudan Pelangi  atau  Jamalullah 
:  Kecantikan
Allah bagi sesama).
39. Nyata ora mamang iku, ora susah angulati, Hyang Agung
Kang Maha Mulya, kang
ngucap iku Allahi, poma aja pindho karya, puniku ingkang
sajati.
Nyata tidak diragukan
lagi, tidak usah susah-susah mencari, Hyang Agung Yang Maha
Mulia, karena ucapan
positif yang keluar dari  manusia yang
sadar semacam itu adalah
ucapan Allah, jangan
meragukan lagi, inilah yang sesungguhnya!
40. Martabate bumi 
iku, saurana tri  prakawis,
Dzating  Roh Ilapi ika, kaping pindho
Roh Jasmani, kaping têlu Tanpa Prenah, Tanpa Tuduh Tanpa
Yekti.
Martabat/tingkatan/uraian
dari bumi (maksudnya bumi adalah manusia ini), jawablah tiga
perkara,  yang pertama Dzat  Roh 
Ilapi  (Dzat dari  Ruh 
Yang Menguatkan,  maksudnya
perwujudan dari Ruh
Yang Menguatkan, tak lain adalah Nafs/Suksma Sariira. Nafs atau
Suksma Sariira adalah
perwujudan Atma juga sesungguhnya.) Yang kedua Roh Jasmani
(Maksudnya adalah
Jasad/Sthula Sariira, disini diistilahkan sebagai Ruhul Jasmani) dan
yang ketiga Tanpa
Tempat, Tanpa Arah dan Tanpa Ada (Maksudnya Ruh/Atma).
41. Kang aran Muhammad iku, kang Kakiki kang Majaji, iku
nuli saurana, kang aran
Muhammad Nabi, dene kang Kakiki iku, iya Dzatullah Ilapi.
Yang disebut Muhammad
itu, apakah Kakiki (Hakiki :  Intisari
Gaib) atau  yang Majaji
(Maujudi  :  yang
berwujud  nyata),  maka jawablah,  yang dinamakan  Muhammad 
itu
adalah nama seorang
Nabi, tapi hakekatnya yang disebut Muhammad itu, tak lain adalah
Dzatullah  Ilapi 
(Dzatullahi  Al-idhofi :  Dzat 
Allah  Yang Menambah  Kekuatan 
bagi
semesta atau Energi
Illahi).
42. Nabi  Muhammad
puniku,  anênggih ingkang Majaji,  Dzatullah Jasadi  ika, kang
Kakiki kang Majaji, loro-loroning atunggal, nyatane yen
sira kuwi.
Nabi Muhammad itu,
adalah yang berwujud sebagai manusia (ditanah arab), perwujudan
Dzatullah,  sedangkan 
Muhammad  yang Hakiki  dan 
Maujud,  kedua-duanya adalah
tunggal juga, semuanya
ada didiri kalian (seluruh makhluk)
(Maksudnya
Muhammad  itu  sesungguhnya adalah  nama dari 
cahaya Allah,  yaitu  Nur
Muhammad  (Nur : 
Cahaya,  Muhammad  : Terpuji). 
Inilah  inti  sari 
setiap  makhluk.
Hakikat  setiap 
makhluk.  Secara hakikat  dia melampaui segalanya,  secara wujud nyata,
berwujud seluruh
material semesta termasuk jasad fisik manusia. Maka benarlah jika kita
ini  disebut 
perwujudan  Nur Muhammad.  Karena Nur Muhammad  itu 
tak  lain  adalah
Allah juga. Dan Ruh
kita ini disebut Rasul Muhammad (Rasul : Utusan, Muhammad :
Terpuji), percikan
dari Allah juga. Oleh karenanya Allah, (Nur) Muhammad dan Rasul
(Muhammad) adalah satu
kesatuan tunggal, dalam Ajaran Syeh Siti Jenar maupun Sunan
Kalijaga,  sering hanya disebut  ALLAH, 
MUHAMMAD,  RASUL saja. Ada lagi
yang
disebut Muhammad,  yaitu 
seorang Nabi  yang pernah  hidup 
ditanah  Arab  dan  yang
mengajarkan agama
Islam)
43. Ingkang 
Tanpa  Prênah iku,  lawan Tanpa 
Tuduh kuwi,  ing  Kakekate Dzatu’llah,
tan liya pêsthi sireki, krana sajatine sira, poma aja
pindho kardi.
(Kalianlah) perwujudan
Yang  Tanpa Tempat,  Yang 
Tanpa Arah,  kalian  adalah
perwujudan kesejatian
Dzatullah, tiada lain kalian semua ini, itulah sesungguhnya kalian,
jangan ragu-ragu lagi.
44. Martabat Nugrahan iku, lamun sira den takoni, pira
nugrahaning Sadat, saurana
tri prakawis, iku ingkang ping sapisan, Ngêningake Iman-neki.
Martabat/tingkatan/uraian
Anugerah itu, manakala kalian ditanya, ada berapa Anugerah
Sahadat, jawablah tiga
macam, yang pertama Menjernihkan Iman.
45. Ping  dwi  Ngeningken Tyasipun,  ana 
dene kang  kaping  tri, 
Nglampahake
Panggaotan,  Nugrahaning  Salat 
nênggih,  saurana  tri 
prakara, Mêgat Karsa ingkang dhingin.
Yang kedua
Menjernihkan Hati/Kesadaran, dan yang ketiga
Menjalankan/mempraktekkan  dalam 
kehidupan  sehari-hari.  (Sahadat 
adalah  kesaksian
diri, dimana sahadat
sejati adalah Tiada Yang Lain di Alam ini kecuali Allah, dan Ruh-ku
ini  adalah 
Utusan  Allah.  Kesaksian ini harus  diimplementasikan  kedalam 
kehidupan
sehari-hari, dengan
jalan, pertama Menjernihkan Keyakinan bahwasanya semua makhluk
ini  adalah 
perwujudan Allah  dan  utusan 
Allah,  maka semua tiada
beda,  kedua
menjernihkan
Kesadaran, dimana kita harus benar-benar melihat aku adalah kamu kamu
adalah  aku, 
tak ada beda dan yan  ketiga
harus  benar-benar dipraktekkan  didalam
kehidupan  sehari-hari dengan  jalan 
menebarkan  Kasih tiada
henti.  Jika bisa
melaksanakan  hal 
ini,  jelas bisa disebut  Mendapat 
Anugerah  dari memahami Sahadat
Sejati),  Anugerah 
Shalat  sekarang jika ada yang
bertanya,  jawablah tiga macam,
Mengontrol keinginan
duniawi yang pertama.
46. Tinggal Cipta kalihipun, Amadhêp ingkang kaping tri,
Nugrahaning Takbir pira,
saurana tri prakawis, dhingin Kawruh dwi Kawruhnya,
Jatining Wêruh kaping tri.
Meningalkan 
segala Kesadaran
rendah yang kedua, dan yang ketiga Mantap lahir batin,
Anugerah Takbir
(Mengagungkan Allah) ada berapakah, jawablah tiga macam, pertama
Pengetahuan  yang kedua Yang Mengetahui, Yang ketiga
Hakikat Yang Hendak
Diketahui.  (Maksudnya, manusia bisa disebut  menerima Anugerah  dalam memahami
Cara Pengagungan  Allah 
jika bisa menyadari 
Pengetahuan  yang benar,  memahami
hakikat dirinya
sebagai  Yang Mencari Tahu, dan  yang ketiga memahami siapa hakikat
Yang Hendak Diketahui
itu)
47. Pituturku durung rampung, nanging iku bae dhisik,
krana ingsun arsa lunga, ora
lawas ingsun bali, mrene maneh mulang sira, dimene imbuh
mangrêti.
Wejanganku belum
selesai, akan tetapi ini dulu, sebab aku hendak pergi, tidak akan lama
aku akan kembali,
kembali ke sini untuk mengajar kalian lagi, agar semakin bertambah
kesadaran kalian.
Sambung Bagian Keempat

 
 

