Bagian Ketiga


Jalan Simpang

SÊRAT GATHOLOCO
Diambil dari naskah asli bertuliskan huruf Jawa yang disimpan oleh
PRAWIRATARUNA.
Digubah ke aksara Latin oleh :
RADEN TANAYA



PUPUH V
Asmaradana


1.   Rehning  sira  wis ngakoni,  benjang  lamun sira  pêjah,  rasakna  badanmu kuwe,
Kalawan cahyamu gêsang,  obah-osiking  manah,  anggawa lapal Suksmamu,
munggah mring suwarga loka.

Karena kamu sudah mengakui, kelak manakala kamu meninggal, Rasa badanmu (Sthula
Sariira/Jasad), berikut Cahaya Hidup (Atma Sariira/Ruh), serta segala sensasi pikiranmu,
terbawa pula Suksma (Suksma Sariira/Nafs)mu, naik ke Surga.

2.     Sang  Ijaril  ingkang  ngirid,  sowan ngarsane Hyang  Suksma,  yen mangkono  sira
kuwe,  ora  ngamungna  neng  dunya,  olehmu dadi  bangsat,  aneng akherat dadi
pandung, anggawa dudu duweknya.

Sang (Malaikat) Izrail yang mengiringi, menghadap kepada Hyang Suksma (Tuhan Maha
Gaib),  jika memang begitu  dirimu,  tidak  hanya didunia saja,  dirimu menjadi  maling,
diakherat-pun kamu  menjadi maling,  karena mengakui  menghadapkan sesuatu  yang
bukan  milikmu  (tapi  kamu  akui  sebagai  hak  milik).  (Maksudnya makhluk  ini  semua
adalah ‘nihil’ alias ‘tidak ada’. Karena semua ini adalah perwujudan Tuhan. Lantas jika
merasa memiliki  personalitas  terpisah  dengan  Tuhan, bukankah itu  illusi? Seseorang
yang  mengaku  memiliki  personalitas  sendiri  yang terpisah  dengan  Tuhan,  mengklaim
punya asset pribadi, berarti sama saja dengan seorang maling, yang mengklaim sesuatu
yang  bukan  miliknya.  Dan  lagi  bagaimana bisa meng-klaim  jika ‘diri-nya’ itu  sendiri
‘tidak ada’?)

3.     Sira  aneng dunya  iki,  kadunungan barang  gêlap,  ora  tuku ora  nyileh,  sira  anggo
sabên dina,  ing  mangka  aneng akherat,  anggawa  dudu duwekmu,  dunya-kherat
dadi bangsat.

Didunia ini dirimu,  ketempatan barang gelap,  tidak  beli tidak  pinjam,  kamu  pakai tiap
hari, sedangkan diakherat nanti, tetep kamu merasa memiliki yang bukan milikmu, dunia
akherat kamu maling!

4.     Tanpa  gawe jungkar-jungkir,  nêmbah salat madhep keblat,  clumak-clumik
kumêcape,  angapalake alip lam,  têgêse iku lapal, angawruhana  asalmu,  urip
prapteng kailangan.

Tak  ada guna jumpalitan  (dalam  sembahyang), mendirikan  shalat  menghadap  kiblat,
komat-kamit  bibirnya,  menghafalkan  alif lam (maksudnya doa-doa), sesungguhnya
makna dari  ayat-ayat  yang kamu  baca (itulah  yang harus kamu  resapi,  bukan  hanya
sehedar dihafal dan dibaca), karena dari ayat-ayat tersebut kamu akan mengetahui asal,
dan tujuan hidup-mu.

5.     Sireku kaliru tampi,  ngawruhi  asale wayah,  subuh luhur myang  asare,  mahrib
lawan bakda isak, sayêkti tanpa guna, sipat urip duwe irung, padha wêruh marang
wayah.

Dirimu salah mengerti, sangat-sangat mematuhi waktu-waktu shalat, mulai subuh dzuhur
hingga ashar, maghrib dan isya’, sungguh tanpa guna, selayaknya hidup memiliki hidung
(maksudnya kepekaan Kesadaran), untuk memahami makna shalat.

6.     Yen mangkono sira kuwi, mung mangeran marang wayah, tan mangeran Ingkang
Gawe, lamun bêngi sarta awan, pijêr kêtungkul wayah, ora mikir mring awakmu,
urip prapteng kailangan.

Jikalau  demikian  dirimu  (yang  hanya sekedar mematuhi waktu  shalat  dan  tidak
memahami makna dari shalat itu sendiri), hanya ber-tuhan-kan saat-saat shalat semata,
tidak ber-Tuhan-kan yang membuat waktu, siang dan malam hanya, berfokus mematuhi
waktu-waktu shalat semata, tidak meniti ke dalam diri, untuk memahami asal kehidupan
dan tujuannya.

7.     Rasane badanmu kuwi, kagungane Rasulullah, cahyane uripmu kuwe, kagunganira
Pangeran,  obah-osiking  manah,  Muhammad kang  nggawa  iku,  duwekmu amung
pangrasa.

Rasa badanmu itu (Sthula Sariira/Jasad), milik/perwujudan Rasulullah (maksudnya Ruh
atau  Atma),  Cahaya hidup  (Atma Sariira/Ruh)-mu  itu,  milik/perwujudan  Pangeran
(Tuhan/Brahman/Allah), segala gerak-gerik batinmu (maksudnya Suksma Sariira/Nafs),
Muhammad yang menggenggam (Muhammad maksudnya juga Ruh atau Atma), milikmu
hanya ‘Perasaan memiliki/Illusi’ saja.
(Jika Jasad  ini  milik/perwujudan  Rasulullah  (Ruh),  Ruh  milik/perwujudan  Allah,  Nafs
milik/perwujudan Muhammad (maksudnya Ruh juga), sedangkan Allah, Muhammad dan
Rasul  itu  tak  lain  adalah  Allah  juga,  lantas apa yang  hendak kita anggap sebagai
personalitas makhluk  jikalau  semua ini adalah PERWUJUDAN ALLAH? Hanya Illusi
saja yang menjadi  milik  para makhluk.  ILLUSI MERASA DIRINYA  ADALAH
ENTITAS YANG TERPISAH  DENGAN SEMESTA BAHKAN DENGAN  TUHAN
ITU SENDIRI!)

8.     Mangka  sira  gawa  kuwi,  ora  sira  ulihêna,  balekna  marang  Kang  Duwe,  yen sira
maksih anggawa, titipan tri prakara, apa sira ora lampus, Kyai Guru duk miyarsa.

Sedangkan  apa yang kamu  akui  itu  (bahwa memiliki  personalitas tersendiri  dengan
Tuhan), tetap juga tidak kamu kembalikan (maksudnya tetap ber-Kesadaran seperti itu),
kepada Dia Yang Memiliki,  jika kamu  masih  juga memegang  (maksudnya tetap  tidak
mau membuka Kesadaran) dan masih juga mengaku memiliki Triprakara (Tiga Unsur ~
Ruh/Atma,  Nafs/Suksma dan  Jasad/Sthula) sendiri,  akan  abadikah  dirimu  kelak? Kyai
Guru begitu mendengar (semua yang diuraikan Gatholoco).

9.     Kethune binanting siti,  muring-muring  ngucap sora,  Mring  ngêndi  nggonku
ngulihke, ingsun tan rumasa nyêlang, titipan tri prakara, Gatholoco gya gumuyu,
Sira urip tanpa mata.

(Kyai  Guru) seketika membanting kethu  (kopiah)-nya ke tanah! Marah-marah dan
berkata kasar,  Kemana aku  mau  mengembalikan!!  Aku  tidak merasa telah  meminjam,
titipan  Triprakara tadi,  Gatholoco  tertawa geli (mendapati yang diajak  dialog tidak
memahami  maksudnya namun  malah  marah-marah),  Kamu  memang hidup  tanpa mata
(maksudnya Kesadarannya buta)!

10. Upama Padhanging Rawi, asalira saking Surya, sirna kalawan Srêngenge, kalamun
Padhange Wulan, asale saking Wulan, sirnane kalawan Santun, bali maneh asalira.

Seandainya Cahaya Matahari,  yang berasal  dari Surya,  akan  terserap  musnah  hilang
kedalam Matahari kembali, seandainya Cahaya Rembulan, yang berasal dari Rembulan,
akan terserap musna hilang kedalam Rembulan, kembali keasalnya lagi!

11. Kasan Bêsari nauri, Krana ngapa Rasanira, lan Cahyamu Urip kuwe, myang obah-
osiking  manah,  tan sira  ulihêna,  marang  Kang  Kagungan iku,  Gatholoco  asru
nyêntak.

Kasan  Bêsari  (Hassan  Bashori) berkata,  Lantas  sekarang mengapa Rasa Badanmu
(Jasad/Sthula Sariira), beserta Cahaya Hidup (Ruh/Atma Sariira)-mu, berikut Gerak batin
(Nafs/Suksma Sariira)-mu, tidak kamu kembalikan (maksudnya masih terlihat nyata dan
belum musnah) kepada Yang Mempunyai ? Gatholoco keras membentak.

12. Ingsun iki ora wani, ngulihake durung masa, yen tan ana pamundhute, ingsun wêdi
bok kinira, anampik sihireng Hyang, manawa nêmu sêsiku, sireku kaliru tampa.

Aku  tidak  berani,  memusnahkan  ini  semua karena belum  saatnya,  jika tanpa ada
permintaan  (dari Yang  Mempunyai Perwujudan),  aku takut  nanti  dianggap, menolak
kasih  Hyang (Tuhan),  dan  akan mendapatkan  balak,  sungguh  kamu  yang sebenarnya
tidak  paham!  (Tidak  paham  akan  maksud  Gatholoco  akan  makna ‘Mengembalikan’
seperti yang telah diuraikannya diatas).

13. Kang  kasêbut kitab mami,  pan saking  Nabi Muhammad,  Kyai  Guru pangucape,
Salat witri iku iya, salat sakobêrira, Gatholoco alon muwus, sireku kaliru tampa.

Menurut Kitab-ku,  yang berasal dari Nabi Muhammad, Kyai Guru berkata lagi, Shalat
witir  adalah,  shalat  yang tidak  terikat  waktu  (maksud  Kyai  Hassan  Bashori  ada juga
shalat yang tidak harus berfokus pada waktu, yaitu shalat witir. Jadi salah jika Gatholoco
menganggap  dirinya terlau  mengagung-agungkan  waktu),  Gatholoco  menjawab,  Sekali
lagi dirimu tidak paham!

14. Yen mangkono sira kuwi, dudu umat Rasulullah, dene sira ngestokake, sarengate
Nabi lima, êndi panêmbahira, mring Nabi Muhammad iku, Kyai Guru saurira.

Bahkan lagi dirimu, bukanlah ummat Rasulullah, karena dirimu meyakini, dan mengikuti
tingkah  laku lima Nabi, mana shalat  yang kamu  jadikan  untuk  mengingat-ingat  akan
keagungan,  dari  Nabi  Muhammad? (Ada keyakinan  beberapa aliran agama Islam,
bahwasanya shalat Subuh itu meniru Nabi Adam, manakala diturunkan di dunia, belum
tahu  mana arah  mata angin,  lantas ketika matahari terbit,  Nabi  Adam  bersujud  syukur
karena tahu  mana arah  Timur.  Lantas  shalat  Dzuhur,  meniru  Nabi  Nuh, shalat  Ashar
meniru Nabi Ibrahim, shalat Maghrib, meniru Nabi Musa dan Shalat Isya’, meniru Nabi
Isa,  dan rupanya keyakinan  inilah  yang dianut  oleh  Kyai  Hassan  Bashori,  lawan debat
Gatholoco), Kyai Guru menjawab.

15. Sêmbahingsun salat witri,  iya  ing  samasa-masa,  Gatholoco  pamuwuse,  Sira  iku
santri  blasar,  mangka  Nabi Muhammad,  têtela  Nabi  Panutup,  tunggule nabi
sadaya.

Untuk mengingat Nabi Muhammad adalah shalat Witir, tidak terikat waktu! Gatholoco
berkata,  Kamu  santri  tersesat,  padahal  Nabi  Muhammad,  jelas-jelas Nabi  Penutup,
penutup seluruh Nabi.

16. Parentahe ora sisip,  wus  kapacak aneng  kitab,  ingkang  salah sira  dhewe,  kinen
sujud kaping lima, rina wêngi mangkana, esuk-esuk wayah Subuh, sujud tumrap
maring Adam.

Setiap perintahnya tidak keliru, sudah jelas didalam semua kitab, yang salah memaknai
adalah dirimu sendiri, diperintahkan sujud lima kali sehari, siang dan malam, pada saat
pagi hari waktu Subuh, sujud kepada Adam.

17. Iku dudu Adam Nabi,  adam suwung  sujudana,  kang  suwung  langgêng  anane,
marmanira  sinujudan, dene luwih kuwasa, ngilangake pêtêng  iku,  kagênten
padhanging surya.

Sesungguhnya bukan  Adam  Nabi,  Adam berarti  ‘Kosong’ dan  sujudlah,  kepada Yang
Maha Kosong dan  Yang Abadi Ada-Nya (tersebut),  oleh  sebab  mengapa wajib  untuk
bersujud, karena Yang Maha Kosong sungguh berkuasa, menghilangkan kegelapan, dan
menggantikannya dengan terang. (Maksudnya Yang Maha Kosong mampu memberikan
terang kepada Kesadaran semua makhluk dan mampu mengusir semua kegelapan batin).

18. Panase saya  ngluwihi, saking  kuwasaning  Allah,  surya  iku darma  bae,  sakehe
manusa  dunya,  samya susah sadaya,  krana  saking  panasipun,  Nabi  Muhammad
parentah.

Menjelang tengah  hari  (maksudnya dalam pengembaraan Ruh  didunia fana) panasnya
sangat-sangat menyiksa (maksudnya dualitas dunawi sangat membelenggu Ruh), karena
kuasa Allah,  Matahari Hanya sarana semata (maksudnya Dualitas hanya sarana menggembleng
Kesadaran  Ruh  saja),  seluruh  manusia/makhluk  didunia,  sangat
menderita (terombang-ambing dualitas  dunia), karena sangat-sangat  panasnya,  Nabi
Muhammad memerintahkan.

19. Marang umatira sami, supaya padha sujuda, marang Kang Murbeng alame, tatkala
patang  rakangat,  kabeh padha  nuwuna,  mring  sudane panas  iku,  lan sudane
dosanira.

Kepada seluruh ummatnya, agar ditengah hari bersujud, kepada Yang Menguasai Alam
(Dualitas), sebanyak empat raka’at, seluruh ummat diperintahkan untuk memohon, agar
mengurangi panas (penderitaan) duniawi, berikut memohon agar dilebur segala dosa-dosa
(seluruh karma buruk)-nya.

20. Lan padha  nuwuna  maning,  linanggêngna kaluhuran,  kaya  luhure srêngenge,
pramilane lama-lama,  tumurun saya  andhap, daya  asrêp panasipun,  wong  akeh
ngarani Ngasar.

Dan  juga agar memohon,  tetap  mendapat keluhuran  (Tingginya Kesadaran),  bagaikan
luhur (tinggi)-nya matahari kala tengah hari, lantas sedikit demi sedikit, matahari turun
semakin  rendah,  panasnya mulai  berkurang (lambang penderitaan  berganti  dengan
kesenangan), semua orang menamakan waktu Ashar.

21. Nabi  Muhammad ningali,  parentah mring  umatira,  supayane sujud maneh,  sarta
padha nênuwuna, langgêng ananing Suksma, lan padha nuwuna iku, linanggêngna
kaluhuran.

Nabi Muhammad  melihat,  lantas memerintahkan  kepada ummatnya, agar kembali
bersujud,  dan  agar memohon,  kepada Hyang  Suksma (Tuhan  Maha Gaib),  agar tetap
langgeng (Ketinggian  Kesadarannya walau  penderitaan  tengah  berganti  dengan
kegembiraan).

22. Pangeran Kang  Maha  Luwih, angganjar ing  asorira,  linanggêngna  kamulyane,
dadine bisa kalakyan, tumurun saya andhap, mulane ngaranan surup, sira padha
sumurupa.

Tuhan  Yang Maha Kuasa,  mampu  menganugerahkan  kemuliaan dan  kehinaan
(Kesadaran),  semoga senantiasa langgeng kemuliaan  Kesadaran,  agar  bisa selamat
sampai  tujuan  (Moksha/Jannatun  Firdaus), semakin  turun  matahari,  dinamakan  ‘surup’
(sore), karena maksudnya ‘sumurupa’ (ketahuilah)!
23. Kuwasanira  Hyang  Widdhi,  bisa  gawe pêtêng  padhang,  gawe unggul  lan asore,
kang  padhang  têgêse gêsang,  kang  pêtêng  iku pêjah,  Nabi  Muhammad andulu,
parentah mring umatira.

Akan  kekuasaan Hyang  Widdhi,  yang mampu  membuat  gelap dan  terang,  mampu
membuat tinggi dan rendah, yang ‘terang’ maksudnya ‘Hidup’, yang ‘gelap’ maksudnya
‘Mati’,  (Manusia disebut Hidup  manakala telah mencapai Terang Sejati,  dan  manusia
disebut ‘Mati’ manakala masih  terikat  jerat  duniawi dan  lahir berulang-ulang di  alam
fisik ini), Nabi Muhammad melihat, lantas kembali memerintahkan kepada ummatnya.

24. Den purih sujuda maning, marang Ingkang Murbeng alam, dene luwih kuwasane,
bisa  gawe pêtêng  padhang,  lan gawe pêjah gêsang,  bilahi  asor lan unggul,  lama-
lama kang baskara.

Agar  kembali  bersujud,  kepada Yang Menguasai  Alam  (Dualitas),  karena kuasa-Nya,
mampu membuat gelap dan terang, membuat mati dan hidup, hina dan mulia (Dualitas
duniawi), lama-lama matahari.

25. Jagade datan kaeksi, pêtênge saya katara, amratani jagad kabeh, manusane alam
dunya, rumasa kasusahan, krana saking pêtêngipun, amarga suruping surya.
Dunia tak terlihat, kegelapan semakin merebak, merata diseluruh jagad, seluruh makhluk,
merasa sedih,  disebabkan  karena kegelapan  tersebut, gelap  karena hilangnya matahari.
(Lambang dari kegelapan Kesadaran karena pengaruh dualitas duniawi).

26. Sagunge umat nuruti,  nênuwun marang  Pangeran,  kanthi  nangis panuwune,
mulane ngaranan Ngisa,  tegese Anangisa,  marang  Ingkang  Murbeng  Luhur,
Nênuwun supaya padhang.

Seluruh  ummat  menurut,  memohon  kepada Tuhan,  dengan isak  tangis,  makanya (bagi
orang Jawa) menyebut waktu shalat sehabis mahgrib adalah Ngisa, karena saat kegelapan
Kesadaran  adalah  saat untuk  ‘Anangisa’  (Menangislah),  kepada Yang Menguasai
Keluhuran (Ketinggian), memohon supaya agar tetap diberikan terang (Kesadaran).

27. Kagênten padhanging sasi, sakehe manusa suka, uninga  wulan cahyane, padhang
sarta ora panas, cacade mung pisahan, mulane ingaran santun, santun warna sabên
dina.

Terang yang digantikan  oleh  terangnya Rembulan  (maksudnya dalam kegelapan
Kesadaran,  terang yang  reduppun  sudah  cukup  daripada gelap  gulita  tanpa cahaya
Kesadaran), seluruh makhluk bisa sedikit bersuka cita, melihat Rembulan dan cahayanya,
walau  terang tiada panas,  walaupun  tidak  stabil, makanya disebut  ‘santun’ (Berubah),
karena cahaya Rembulan (cahaya Kesadaran yang redup ditengah kegelapan), berubah-
rubah setiap hari. (Tidak stabil). (Rembulan disebut juga ‘Santun’ yang artinya ‘Berubah-rubah/Tidak stabil’ oleh orang Jawa,  maksudnya Rembulan  dilambangkan  sebagai  Kesadaran  yang redup.  Dan Kesadaran yang redup sangat tidak stabil).

28. Têgêse sasi  samya  sih,  Kyai  Guru aris mojar,  kitab apa  pathokane,  Gatholoco
angandika, Barulkalbi arannya, mangrêtine Barul: Laut, dene Kalbi iku Manah.
Arti  ‘Sasi’ (padanan  kata Rembulan/Santun) adalah  ‘SA-mya SI-h’ (Semua Kasih  ~

Maksudnya walaupun  ditengah kegelapan  sekalipun,  tetaplah  menebarkan  Kasih.
Walaupun  ditengah  Kesadaran redup karena pengaruh  penderitaan duniawi,  tetaplah
mengedepankan  Kasih), Kyai  Guru  pelan  bertanya,  Dari  Kitab  apa semua yang kamu
uraikan  tadi? Gatholoco  menjawab, (Kitab) Barulkalbi  (Bahri  Al-Qalbi),  Bahri  artinya
Samudera, sedangkan Qalbi artinya Hati/Kesadaran.

29. Ati kang kaya jaladri, tanpa watês jero jêmbar, lan maneh akeh isine, Kasan Bêsari
têtannya, sira ora  sêmbahyang,  Gatholoco aris  muwus,  sêmbahyang  langgêng  tan
pêgat.

Hati/Kesadaran yang luas seluas Samudera, tiada batas tiada terukur dalam dan luasnya,
dan sangat-sangat banyak terkadung isi mutiara, Kasan Besari (Hassan Bashori) bertanya,
Kamu menjalankan shalat? Gatholoco pelan menjawab, Shalatku langgeng tiada terputus.

30. Sujud-mami  sujud eling,  keblatku têngahing  jagad,  barêng  napasku sujude,
napasku mêtu mbun-mbunan, salatku mring Pangeran, mêtu saking utêkingsung,
sêmbahyangku mring Hyang Suksma.

Sujud-ku Sujud Ingat (Maksudnya Kesadaran yang terus stabil), Kiblat-ku Pusat Semesta
(Maksudnya focus penyembahan  adalah  Inti  Dunia dan  Inti  Makhluk,  tak  lain  adalah
Brahman/Tuhan),  Sujud-ku  diiringi  dengan  Nafas (Maksudnya Kesadaran  ini  saat  Ruh
terikat  badan
materi,  sangat  terkait  dengan
nafas.  Pengendalian  nafas  mampu
mengendalikan  Kesadaran  juga.  Nafas  dan  Kesadaran,  saat  badan materi  masih
membelenggu Ruh, tidak bisa dipisahkan), Nafas-ku keluar dari ubun-ubun (Nafas yang
dikendalikan seolah bukan keluar masuk dari hidung lagi, tapi seolah-olah keluar masuk
dari  ubhun-ubun,  menyatu  dengan  Kesadaran), shalatku  menghadap  kepada Tuhan,
keluar dari  otakku (Shalat  yang terus menerus dilaksanakan keluar dari  Kesadaran),
shalatku menghadap kepada Hyang Suksma (Tuhan Maha Gaib).
 
31. Ingkang mêtu lesan-mami, sêmbahyang mring Rasulullah, kang mêtu irungku kiye,
ingkang Dzat pratandhanira, iku taline gêsang, kabeh saking napasingsun, sêbutku
Allahu Allah.

Pujian  yang  keluar  dari  lidahku,  pujian  kepada Rasulullah  (Ruh),  sama dengan  pujian
yang  keluar dari hidungku  (nafas) ini,  sesungguhnya semua perwujudan  Dzat
(Hidup/Tuhan),  nafas adalah  pengikat  Hidup  (selama ada nafas,  selama itu  pula
Hidup/Tuhan/Dzat  masih  ada didalam  badan  materi),  bisa dilihat  dari  adanya nafas,
pujian nafasku berbunyi Allahu Allah.

32. Sira  padha ora  ngrêti,  Rasulullah sabatira,  iku durung  linairke,  lintang  wulan
lawan surya, alam dunya wus ana, yêkti tuwa suryanipun, iku kang kitab Ambiya.

Kalian  semua tidak  mengetahui,  Rasulullah  (maksudnya Nabi  Muhammad) panutan
kalian,  saat  belum  dilahirkan,  seandainya diibaratkan dengan  bintang  rembulan dan
matahari,  beserta bumi  ini,  jelaslah  lebih  tua matahari,  hal ini  tercatat  dalam  Kitab
Anbiya’.

33. Kang  tinitahake dhingin,  dening  Hyang  Cahya  Muhammad,  iku lawan sakabate,
nanging wujud êRoh samya, neng  jroning  Lintang  Johar,  mangka Lintang  Johar
iku, wawadhahe Roh sadaya.

(Sebelum  Nabi  Muhammad  lahir)  yang ada dahulu,  adalah  Hyang Cahya Muhammad
(Nur Muhammad  ~  Cahaya Terpuji/Cahaya Perwujudan  Tuhan  pertama kali  yang
merupakan cikal-bakal semesta raya ~ Purusha dalam istilah Weda), beserta seluruh para
sahabatnya (maksudnya seluruh  Atma-Atma semua),  akan  tetapi  masih  berwujud  Ruh,
berada didalam  kandungan  Lintang Johar (Lintang ~  Bintang,  Johar/Jauhar ~ Mutiara,
maksudnya juga Nur Muhammad tersebut), ketahuilah Lintang Johar itu, sumber segala
Ruh makhluk.

34. Babonira saking Urip, dadi saking Nur Muhammad, lintang rêmbulan srêngenge,
ora  liya  asalira,  pan saking  Nur Muhammad,  mangka  Lintang Johar iku, dadi
pusêre Muhammad.

(Nur Muhammad atau Lintang Johar) adalah perwujudan Hidup (Allah), semesta raya ini
berasal dari Nur Muhammad, bintang rembulan matahari, tiada lain sumbernya dari sana,
berasal dari Nur Muhammad, sedangkan Lintang Johar, ibarat pusar (tempat keluarnya)
seluruh semesta.

35. Yen sira  maido  mami,  dadi  nampikakên sira,  mring  Kuran sêsêbutane,  Kasan
Beêari miyarsa,  rumaos kaungkulan,  mangkana  denira  muwus,  Wis  Gatholoco
minggata.

Jikalau  kamu  membantahku,  sungguh sama saja kamu  menolak,  kepada ajaran  Al-
Qur’an,  Kasan  Besari (Hassan  Bashori) mendengarnya, merasa kalah, beginilah  dia
akhirnya berkata, Sudah Gatholoco minggatlah kamu dari sini!

36. Gatoloco  anauri,  sun linggih langgare Allah,  kabênêran panggonane,  iki  aneng
têngah jagad,  ingsun sênêng  kapenak,  linggih langgar karo  udut,  ngênteni
prentahing Allah.

Gatholoco  menjawab,  Aku  duduk  di  musholla Allah,  sangat nyaman  tempatnya,  aku
merasa dipusat  semesta,  aku  merasa nyaman,  duduk  didalam  musholla sembari
menghisap candu (spiritualitas), sembari menunggu perintah Allah.

37. Sakala  Kasan Bêsari,  sidhakep kendêl  kewala,  puwara  alon wuwuse,  wus dadi
prasêtyaningwang, kalamun bantah kalah,  kabeh iki darbekingsun,  sira  wajib
mengkonana.

Seketika Kasan Besari  (Hassan  Bashori), bersendekap sembari  diam,  lantas terdengar
suaranya, Sudah  menjadi  janjiku,  jikalau  aku kalah  berdebat, maka semua ini  akan
menjadi milikmu, dirimu wajib memilikinya.

38. Ingsun rila lair batin, langgar wisma barang-barang, pasrah sah duwekmu kabeh,
santri  murid ing  Cêpêkan,  ingkang  sênêng  ngawula,  mara  sira  anggêguru,
wulangên ilmu utama.

Aku rela lahir batin, musholla rumah berikut seluruh perabotan, aku berikan kepadamu
semua, para santri murid Cepekan, jika memang hendak tetap berguru, silakah berguru
kepadamu, ajarilah ajaran utama.

39. Para Kyai mitra  mami,  ingsun sumarah kewala,  apa  kang  dadi  karsane,  manira
saiki uga, nêja lunga lêlana, kabeh keriya rahayu, Kasan Bêsari gya mangkat.

Para Kyai sahabatku semua, aku sudah pasrah, apa yang menjadi kehendak-Nya, diriku
sekarang  juga,  hendak berkelana,  semoga yang  aku  tinggalkan disini  mendapat
keselamatan, Kasan Besari (Hassan Bashori) segera berangkat.

40. Nalangsa  rumasa  isin,  saparan kalunta-lunta, katiwang-tiwang  lampahe,  ingkang
kantun ing  Cêpêkan,  Gatholoco  sineba,  para  murid tigang  atus,  andêr samya
munggeng ngarsa.

Sangat-sangat  malu,  terlunta-lunta dalam  perjalanan,  sedih  dalam  pengembaraan, yang
ditinggalkan  di  Cepekan, Gatholoco  dihadap,  seluruh  murid  sebanyak  tiga ratus orang,
bersila rapi berada dihadapan.


41. Gatholoco sukeng galih, angandika mring sakabat, Sanak-sanakingsun kabeh, yen
sira  arsa  raharja,  poma-poma  elinga,  aywa tiru lir gurumu,  anggêpe sawênang-
wênang.

Gatholoco gembira dalam hati, berkata kepada seluruh sahabat (murid), Wahai saudaraku
semua,  apabila dirimu  ingin  mendapat ketentraman,  ingat-ingatlah  kata-kataku,  jangan
meniru tingkah laku gurumu (Kyai Hassan Bashori), sewenang-wenang kepada sesama.,


42. Kang  mangkono  ora  bêcik,  ngina-ina  mring  sasama,  umat iku padha  bae,  pintêr
bodho  bêcik ala,  bêja  lawan cilaka,  wong  kuli  tani priyantun,  lanang  wadon ora
beda.
Tingkah yang demikian tidaklah patut, menghina sesama manusia, seluruh umat itu sama,
pintar bodoh  tampan  buruk,  yang beruntung  dan  yang sengsara,  kuli  petani  priyayi
(bangsawan), lelaki maupun perempuan tiada beda.
43. Wus pinêsthi mring  Hyang  Widdhi,  tan kêna  ingowahana,  papêsthene dhewe-
dhewe, mulane bêcik narima, aywa katungkul sira, urip iku bakal lampus, aneng
dunya ngelingana.

Sudah  menjadi ketetapan  Hyang Widdhi,  tak  bisa dirubah,  takdir dari setiap  makhluk,
oleh  karenanya terimalah,  jangan  terus merasa tidak puas,  hidup  ini  pasti  bakal  mati,
hidup didunia selalu ingat.

44. Aja  jubriya  lan kibir,  sumêngah nggunggung  sarira,  open dahwen panastene,
karêm dora pitênahan,  jail  silib melikan,  angapusi  agal  alus,  anggluweh dhêmên
sikara.

Jangan  Jubriya (Riya : Suka pamer) dan  Kibir (Takabbur : Sombong), senantiasa
menganggap  diri  yang paling unggul,  suka mencampuri urusan  orang suka sirik  dan
gampang tersinggung, suka berbohong dan memfitnah, jahil suka selintutan dan gampang
mengingini  milik  orang lain,  suka menipu  baik  secara kasar  maupun  halus,  seenaknya
dan suka bertengkar.

45. Aja  pisan ladak êdir,  watak angkuh nguja  hawa,  aja  warêg  mangan sare,
nglakonana  sawatara,  ingkang  sabar tawakal,  ingkang  sumeh aja nepsu,  ngajeni
marang sasama.

Jangan  sesekali  berlebihan,  angkuh  dan  suka menuruti  keinginan  badani,  jangan  suka
banyak  makan  dan  banyak  tidur,  jalanilah  secukupnya,  sabarlah  dan  tawakallah,  yang
ramah dan jangan jadi pemarah, hargailah sesama manusia.

46. Aja sira gawe sêrik, aja sira gawe gêla, aja gawe wêdi kaget, iku aran najis karam,
nyandhang mangan ingkang sah, iku lakune wong ilmu, tan kêna kanthi sêmbrana.

Jangan  membuat  sakit  hati  sesame,  jangan  membuat  kecewa sesame,  jangan  suka
menakut-nakuti dan  mengagetkan  sesame, semua itu  najis dan  haram
yang sesungguhnya!  Itulah  sesungguhnya yang  disebut memakai  pakaian  dan  memakan
makanan sah (halal)




PUPUH VI
Kinanti



1.     Kudu ingkang  nrimeng  pandum,  sumarah karsaning  Widdhi,  manusa  darma
kewala, saikine sun takoni, apa mantêp trusing driya, ngaku bapa marang mami.

Harus menerima kepada ketentuan hidup (karma yang kita terima), pasrah kepada Hyang
Widdhi, manusia sekedar menjalani, sekarang aku hendak bertanya, apakah kalian benar-
benar telah mantap lahir batin, mengakui aku sebagai bapa kalian?

2.     Lamun sira  wus tuwajuh,  gugunên pitutur iki,  nanging  sira  aja  samar,  tan kêna
maido ilmi, yen maido kêna cêndhak, uripe kamulyanneki.

Jika memang telah  mantap  lahir batin,  ikutilah  nasehatku  ini,  akan  tetapi  janganlah
gampang meremehkan  ilmu  orang, jika gampang meremehkan  ilmu  orang maka akan
mendapat kesempitan, sempit kemuliaan diri.

3.     Kabeh sira  anakingsun, badhenên pasemon iki,  Lamun bêngi ana apa,  Yen awan
ingkang ngêbêki, Apa ingkang ora nana, Satuhune iya êndi.

Semua anak-anakku, jawablah perlambang yang aku uraikan ini, Ada apakah ‘ditengah
keheningan malam’? Apakah ‘yang meliputi terangnya siang hari’? Apakah sesuatu yang
‘tidak  ada’  itu  ? Sesungguhnya dimanakah  (‘yang ada ditengah  keheningan  malam’,
‘yang meliputi terangnya siang’ dan ‘yang tidak ada’ tersebut?)

4.     Doh tanpa wangên iku, Cêdhak tan senggolan iki, Yen adoh katon gumawang, Yen
cêdhak datan kaeksi, Lamun isi ana apa, Yen suwung luwih mratani.

Sangatlah jauh tanpa batasan pasti, Sangatlah dekat namun tak bersentuhan, Jikalau jauh
terlihat  berpendar,  Jikalau  dekat  tiada terlihat,  Jika diumpamakan  sebuah  ‘isi  sesuatu’
apakah itu? Jika diumpamakan ‘kosong’ lebih dari kekosongan dan meliputi semuanya.

5.     Lêmbut tan kêna jinumput, Agal tan kêna tinapsir, Ingkang amba langkung rupak,
Kang ciyut wiyar nglangkungi, Bumbung wungwang isi apa, Sapa neng ngarêpmu
kuwi.

Sangat halus hingga tak bisa dijumput (dijumput ~ diambil dengan dua jari dengan sangat
hati-hati  karena sangat  kecilnya),  Sangat  nyata tapi tak  bisa dinyatakan,  Sangat  lebar
namun  juga sempit,  Sangat  sempit  tapi  lebarnya melebihi semua yang lebar,  Ditengah
bilah bambu apa ‘isi’-nya? Bahkan dihadapanmu sekarang (siapakah Dia?)

6.     Yen lanang tan nduwe jalu,  Yen wadon tan duwe bêlik, Iya  kene iya  kana, Iya
ngarêp iya buri, Iya kering iya kanan, Iya ngandhap iya nginggil.

Jika lelaki  tapi  tak  memililiki kelamin  laki-laki,  Jika perempuan  tak  memiliki  kelamin
perempuan, Ada disini dan ada disana, Ada di depan juga ada dibelakang, Ada dikiri juga
ada dikanan, Ada di bawah juga ada diatas.

7.     Baitane ngêmot laut, Kuda ngrap pandhêgan nênggih, Tapaking kuntul ngalayang,
Pambarêp adhine ragil, si Wêlut ngêleng ing parang, Kodhok ngêmuli lengneki.

Perahu  memuat  seluruh samudera,  Kuda berlari  kencang ditempat  pemberhentiannya
(banyak yang salah tulis dalam setiap primbon ungkapan ini, yaitu KUDA NGÊRAP ING
PANDÊNGAN, padahal yang benar KUDA NGÊRAP ING PANDHÊGAN (Kuda berlari
Kencang ditempat pemberhentiannya/kandangnya. PANDHÊGAN ~ TEMPAT
BERHENTI = GÊDHOGAN), Jejaknya burung bangau yang tengah terbang melayang,
Yang sulung juga yang  bungsu,  Belut  mempunyai  rumah  didalam batu cadas,  Katak
menyelimuti rumahnya sendiri.



8.     Wong  bisu asru calathu,  Jago  kluruk jro  ndogneki,  Wong picak amilang  lintang,
Wong  cebol  anggayuh langit,  Wong  lumpuh ngidêri  jagad, Aneng ngêndi susuh
angin.

Orang bisu  tapi  keras suaranya,  Ayam  jago  berkokok  didalam telurnya, Manusia buta
menghitung bintang dilangit,  Manusia cebol menggapai  langit,  Manusia lumpuh
berkeliling dunia, Dimanakah kediaman angin?

9.   Aneng  ngêndi  wohing banyu,  Myang atine kangkung  kuwi,  Golek gêni  nggawa
diyan, wong ngangsu pikulan warih, Kampuh putih tumpal pêthak, Kampuh irêng
tumpal langking.

Dimanakah  inti  air,  Dimanakah  pusatnya tumbuhan  kangkung, Mencari  api membawa
pelita,  Mencari  air memikul  air,  Kemben putih  tertutup  warna putih, Kemben  hitam
tertutup warna hitam.

10. Tumbar isi tompo iku, Randhu alas angrambati, mring uwit sêmbukan ika, Sagara
kang tanpa têpi, Rambut irêng dadi pêthak, ingkang pêthak saking ngêndi.
Biji  ketumbar berisi  wadhahnya,  Pohon  randhu  hutan  merambat,  kepada tumbuhan
simbukan (simbukan adalah jenis tumbuhan rambat, tapi malah dirambati pohon randhu
hutan),  Lautan  yang tak bertepi,  Rambut hitam  berubah  putih,  warna putih  darimana
datangnya?

11. Irênge mring  ngêndi  iku,  Kalawan kang  diyan mati,  urube mring  ngêndi  ika, golekana kang pinanggih, yen tan wêruh siya-siya, durung sampurna kang ilmi.
Dan  kemanakah  hilangnya warna hitam  tadi? Dan  lagi  jika pelita padam,  kemanakah
perginya nyala api? Carilah hingga ketemu, manakala tidak bisa mengetahui akan sia-sia,
tidak sempurna ilmu kalian.

12. Ingkang sarah munggeng laut, gagak kuntul saba sami, duk mencok si kuntul ika, si
gagak ana ing ngêndi, gagak iku nulya têka, si kuntul mibêr mring ngêndi.
Benda padat memenuhi samudera, burung gagak  dan  burung bangau ikut  datang,
manakala bangau bertengger diatas benda padat, burung gagak tiada kelihatan, manakala
burung gagak yang datang, burung bangau terbang kemana? (Benda padat ~ Jasad materi.
Samudera ~ Dunia materi. Burung gagak ~ Suksma Sariira/Nafs. Burung Bangau ~ Atma
Sariira/Ruh)

13. Prayoga kudu sumurup,  kabeh sira  anak mami,  pralambang  iku rasakna,  kang
katêmu padha jati, sajatining rasa ika, rasa jroning jalanidi.

Oleh  karenanya harus bisa memahami,  wahai kalian  semua anak-anakku,  seluruh
perlambang ilmu  sejati  ini  renungkanlah,  jika bisa memahami  akan  menemukan
kesejatian, sejatinya rasa, rasa sejati didalam samudera (hidup).

14. Sasmitanên ingkang wimbuh, kawruhana ucap iki, kalawan pangrungunira, sarta
paningalmu ugi, tan ana ucap dwi ika, dadi solah tingkahneki.

Segala rahasia akan  cepat tersingkapkan, benar-benar perhatikan ucapanku  ini,  dengan
sepenuh pendengaran, serta sepenuh penglihatan kamu, tiada lagi kebenaran kedua yang
menjadi sifatnya (sifat kebenaran sejati itu tunggal, tak mendua).

15. Ora sak tan sêrik iku, tan têsbehmu Dzatullahi, kang krasa yen datan mangan, den
krasa yen minum nênggih, sêmbahyanga den karasa, den krasa Dzatullah kuwi.

Jangan ragu jangan bimbang, bahkan pujianmu  itu Dzatullah, rasakan benar-benar saat
kamu  tengah  kelaparan  (tak  makan ~  ditengah penderitaan),  juga rasakan  benar-benar
saat  kamu  meminum air (saat  gembira), ditengah  bersembahyang-pun  rasakanlah,
rasakanlah bahwa semua ini Perwujudan Dzatullah!
 
16. Kang wus sawural Allahu, iku aran Salat Daim, ana maneh ingaranan, Martabate
Kasdu kuwi, lawan Takrul Takyin ika, mangrêtine Kasdu kuwi.

Yang sudah mampu melihat semua ini adalah Allah, itu yang dinamakan Sholat Da’im
(Da’iman  ~ Abadi/Tak terputus/Tak  terbatas  oleh  waktu),  ada lagi yang disebut
martabat/uraian/tingkatan  tentang Kasdu, dan  Takrul serta Takyin,  yang disebut Kasdu
adalah.

17. Pikarêpe niyat iku,  ciptane ingkang  dumadi,  dene Takrul  têgêsira,  pamêkasing
niyat nênggih, dumadine panggraita, mangrêteni ingkang Takyin.
Maksud/fokus dari niyat, kesadaran yang menjadi pegangan, sedangkan Takrul artinya,
akhir dari niyat tersebut, tercapainya kesadaran sejati, sedangkan Takyin.

18. Iku nyata  yen satuhu, wasesane niyat kuwi, dumadine ingkang cipta,  cêthane iku
sayêkti, ingkang Kasdu kuwi Iman, ingkang Takrul iku Tohid.
Sungguh-sungguh  melihat  bukti,  kuasa dari  niyat,  tercapainya puncak  kesadaran,
sesungguhnya, yang disebut Kasdu adalah Iman (Keyakinan), yang disebut Takrul adalah
Tokid (Tauhid ~ Kesatuan Tunggal).

19. Kang Takyin Makrifat iku, kang Iman yen ana kuwi, ing niyat ingkang gumlethak,
yêkti iku ora serik, tansah ningali ing Allah, kang Tohid nênge myang osik.

Yang disebut Takyin  adalah  Ma’rifat  (Menyaksikan  Kesejatian),  iman  yang ada, harus
dibuat  niyat  penuh  kepasrahan,  hilangkan  segala kebimbangan,  hanya melihat  kepada
Allah semata, Tauhid adalah menyadari Kesatuan dari gerak dan diam (makhluk dengan
gerak dan diam Tuhan).

20. Gletheke paningal  iku, pamyarsa  pangucapneki,  nyata  angên-angênira,  ingkang
ngglethakakên Widdhi, myarsa ngucapkên pêsthinya, Allah tangala ngimbuhi.
Menyadari  dengan  penuh  kesadaran  bahwa semua penglihatan  ini,  pendengaran  ini
berikut pengucapan ini, serta seluruh gerak pikiran-pikiran ini, semua adalah perwujudan
Hyang Widdhi, mendengar hingga berkata, Allah yang menggerakkannya.

21. Dadi aja sak srik iku, tingalira mring Hyang Widdhi, ana dene kang Makrifat, iku
nênge lawan mosik, anênggih paningalira, pangrungu pangucapneki.
Jangan  ragu-ragu  lagi,  fokuskan  kesadaran  bahwa semua ini  adalah  Hyang Widdhi,
sedangkan Ma’rifat, diam serta gerak kalian, penglihatan, pendengaran pengucapan.

22. Dadi lan ing dhewekipun, têgêse iku sayêkti, Bila têsbeh lire ika, tan loro kahanan-
neki, apan mung Allah kewala, ingkang mosik mênêng kuwi.
Wujud dan kepribadian kalian, sesungguhnya nyata adalah, Bila tesbeh (billa tasbih : tak
ada yang dipuji  lagi),  sesunguhnya tak  ada dua,  hanya Allah  saja,  yang diam  dan
bergerak ini.

23. Pamiyarsa  lan pandulu,  nyatane kahanan iki,  poma  aja  sêrik lan sak,  sasmita
sariraneki, kang den ucap ingkang ngucap, tan liya Kang Maha Suci.
(Berikut) pendengaran  dan  penglihatan  kita semua,  sangat  nyata keadaann  ini  semua
(adalah perwujudan Allah semata)! Jangan ragu dan bimbang lagi, akan rahasia dirimu,
apa yang kamu  ucapkan dan  yang mengucapkan,  tak  lain  adalah  Yang Maha Suci  itu
sendiri!

24. Kudu ingkang  awas  emut, ora  nana  liya  maning,  lamun sira  tinakonan,  apa
pangajape Widdhi, mangkene wangsulanira, Pangawruhingsun mring Widdhi.

Senantiasa waspada dan ingat  dalam  kesadaran, bahwasanya tiada lain  lagi (semua ini
kecuali  Allah). Apabila kamu  ditanya Apa yang Hyang Widdhi  kehendaki  darimu?
Jawablah, Menyadari Hyang Widdhi itu sendiri.

25. Kawimbuhan ilmunipun,  Pangeran Kang  Maha  Suci,  ana  maneh soalira,  apa
ingkang den arani, sakêcap sarta satindhak, mênêng mung sagokan kuwi.
Sehingga tercurahkan ilmu, (Kesejatian akan hakikat) Tuhan Yang Maha Suci, ada lagi
pertanyaan, siapakah yang, Mengucap dan Melangkah, Berdiam dan Bergerak ini semua?

26. Nulya saurana gupuh, ujar sakêcap puniki, kang ngucap nênggih Hyang Suksma,
kang  mlaku satindhak Widdhi,  kang  mênêng  sagokan ika,  ingkang  wus  angel
nggoleki.
Jawablah,  Yang Mengucap,  adalah  Hyang Suksma (Tuhan), yang Melangkah  adalah
Hyang Widdhi (Tuhan), yang Berdiam dan Bergerak, adalah Dia Yang Sulit Dicari.

27. Hyang  Suksma  ya  dhirinipun,  sarta  lamun den takoni, pira  Martabating  Tingal,
saurana tri prakawis, Tasnip ingkang kaping pisan, Insan Kamil kaping kalih.
Tak Lain adalah Hyang Suksma sendiri, manakala ditanya, berapakah
Martabat/tingkatan/uraian  Penglihatan  (Ruh)? Jawablah  tiga perkara,  Tasnip  (Tasnif  :
Penilaian) yang pertama, Insan Kamil (Insanulkamil : Manusia Sempurna) yang kedua.

28. Kadil Kapri kaping têlu, Tasnip: Idhêp têgêsneki, Insan Kamil: Kang Sampurna,
iku kaya Roh Ilapi, utawa Tasnip sêmunya, tingal luluh sampurnaning.

Kadil Kapri (Khadil : Mengecewakan, Qafri : Gurun, Gurun yang
mengecewakan~maksudnya penglihatan yang palsu) yang ketiga, Tasnip (Tasnif) artinya
Idhep  (Penilaian  Kesadaran  untuk  melihat),  Insan  Kamil  adalah  (penglihatan) Yang
Sempurna, sudah menjadi Ruh ilapi (Ruh Idhofi : Ruh penambah kesempurnaan),  atau
Tasnip maksudnya, penglihatan telah luluh sempurna (kepada Yang Dilihat).

29. Wahyu iku têgêsipun, ingkang  paningale sidik,  iku têtêp wahyunira,  pramilane
samya wajib, den wêninga prabedanya, anggenira aningali.
(Mendapat) wahyu (penglihatan sejati) maksudnya, bagi mereka yang penglihatan Ruh-
nya jernih,  maka disebut tetap mendapatkan wahyu, oleh  karenanya wajib bagi  kalian,
mengetahui perbedaan (penglihatan Ruh diatas), disaat kalian hendak melihat Kesejatian.

30. Mring  Nabi  Wali  Mukminu,  Nabi  têtêp tingalneki,  dene para  mundur ika,  ing
tingale Wali Mukmin, pira Martabating Lampah, wangsulana dwi prakawis.

Perbedaan  (penglihatan) Nabi  Wali  maupun  Para Mukmin,  bagi  yang sudah  mencapai
tingkat ke-Nabi-an  akan stabil  penglihatannya, sedangkan dibawah tingkatan  itu  masih
labil,  yaitu  penglihatan Wali  dan  Mukmin,  berapakah martabat/tingkatan/uraian  dari
Lelaku (Riyadloh/Sadhana/Pencarian spiritualitas) itu? Jawablah ada dua perkara.

31. Dhingin kaya gêni iku, kaping kalih kaya angin, sêmune kang kaya brama, pênêt
panase pribadi, têgêse sira mrih enggal, panrima kasuwen dening.
Yang pertama bagaikan api,  yang kedua bagaikan angin,  yang dimaksud bagaikan  api,
mencari  inti  panasnya diri  pribadi  (berjuang membasmi  panasnya kegelapan  batin),
dengan cara tersebut akan membuat diri kalian cepat, mencapai tingkat kepasrahan.

32. Ingkang  angin têgêsipun,  pênêt  tan kêna  pinurih,  têgêse wus ora  pisan, susah
angulati malih, pira Martabating Badan, saurana tri prakawis.

Bagaikan angin maksudnya mencari sesuatu yang ‘Tak dapat dicari’, dimana ‘Yang tak
tak  dapat  dicari’  tersebut sesungguhnya sekali-sekali,  tidak  perlu  dicari jauh-jauh,
berapakah martabat/tingkatan/uraian tentang Badan?

33. Wondene ingkang rumuhun, kaya tanggal ping Pat nênggih, ping dwi kaya tanggal
Sanga, tanggal ping Patbelas ping tri, têgêse tanggal kaping Pat, tulis lair tulis batin.

Yang pertama-tama,  bagaikan  bulan  muncul  ditanggal  Empat  (memakai perhitungan
sonar system),  yang kedua bagaikan  bulan  muncul ditanggal  Sembilan,  yang ketiga
bagaikan  bulan  yang muncul  ditanggal  Empat  belas,  maksud  bagaikan bulan  tanggal
empat ( tangal empat jawa atau perhitungan kalender menggunakan sonar system, bulan
tidak  akan kelihatan)  berarti  lahir batin  masih  nampak tersirat (masih  benar-benar
tenggelam pada material dunia, masih diliputi kegelapan illusi)

34. Kaya tanggal Sanga iku, luluh sirna têgêsneki, kahananira Pangeran, tanggal ping
Patbelas kuwi, dene sasêjane sama, kaya Kang Ndadekkên nênggih.

Yang dimaksud bagaikan tanggal Sembilan (tanggal Sembilan jawa atau menggunakan
perhitungan  kalender sonar system,  bulan  mulai  muncul walau  berbentuk  sabit),  yang
material mulai  luluh  dan  sirna oleh karena, keberadaan  Tuhan (mulai nyata),  bagaikan
tanggal Empat belas (tanggal Empat belas jawa atau menggunakan perhitungan kalender
sonar system), seluruh kehendak telah sama, manunggal sama dengan Yang Menciptakan
Alam! (Illusi telah tersingkap, bagaikan Bulan Purnama. Tuhan telah mewujud nyata!)

35. Wus tumêka  wangênipun,  têkane kawula  kuwi,  ora  nêja  yen dadiya,  dadi Gusti
kang sayêkti, nanging yêkti dadi uga, pira Martabat Pamanggih.

Sudah  mencapai  tingkatan  tertinggi,  keberadaan Kawula (hamba),  tak  disengaja telah
menjadi, keberadaan Gusti Yang Sejati, dan benar-benar terjadi, berapakah 
martabat/tingkatan/uraian dari Etika Tingkah Laku.

36. Saurana  lima  iku, kang  dhingin Klêthêking  ati,  ingkang kaping  kalihira,
Katêpêking  lampah nênggih,  Panjriting  tangis  ping  tiga,  Kêthuk nutu ping  pat
nênggih.

Jawablah terdiri dari lima perkara,  yang pertama bagaikan Kegelapan hati,  yang kedua
bagaikan Suara langkah kaki, yang ketiga bagaikan Jerit tangis, yang keempat bagaikan
Suara ketukan orang  menumbuk  padi  (jaman dahulu  untuk  memisahkan  padi  dengan
kulitnya, harus ditumbuk disebuah tempat yang namanya Lesung. Menumbuk padi dalam
istilah orang Jawa disebut Nutu. Disaat aktifitas menumbuk padi ini, suara ketukannya
akan  terdengar indah  berirama.  Apalagi  jika yang melakukan  aktifitas lebih  dari  satu
orang.  Suara yang terdengar sangat  khas.  Suara ketukan  menumbuk  padi  ini  dikenal
dengan sebutan gamelan Lesung.)


37. Cleret Ngantih ping  limeku,  dene Panjriting  wong nangis,  lawan Klêthêking
wardaya,  myang  Têpêking  wong  lumaris,  tuhune iku pangucap,  martanipun akir
kadi.

Dan  bagaikan Pelangi  yang kelima,  maksud  dari Jerit tangis, dan juga Kekotoran  hati,
serta Suara langkah kaki, sesungguhnya adalah lambang dari kegelisahan batin yang tak
terucapkan, jika mampu menyadari hal ini maka pada akhirnya.

38. Kaya Kapilaku iku,  ing  tekade kang wus tampi, Calereting  Ngantih ika, lir Sipat
Jamalullahi, Kêethuking nutu upama, wêdale pangucapneki.

(Harus  dijadikan) Kaya Kapilaku  (Haya’  alkafiilah  : Untuk  memastikan  rasa malu  ~
maksudnya segala kekotoran  hati,  jerit  tangis/ketidak  terimaan  dan  suara langkah
kaki/degub gemuruh  ketidak  tenangan adalah hal-hal  yang  patut  dijadikan  obyek
perasaan  malu  bagi  yang ingin  meningkatkan kejernihan  diri.  Kekotoran  hati,  Jerit
Tangis/ketidak puasan dan Suara Langkah Kaki/degup ketidak tenangan adalah rintangan
mencapai tingkat kesucian, seharusnya kita malu jika tetap memelihara hal-hal semacam
itu),  itulah  ketetapan  diri bagi  yang hendak  belajar  berserah  total,  Pelangi  maksudnya,
bagaikan  sifat  Jamalullah  (Jamil :  Cantik  ~  Jamalullah  :  Kecantikan Allah),  Suara
ketukan orang menumbuk padi, lambing dari Ucapan Yang telah keluar.
(Maksudnya, tiga perlambang awal, 1. Kletheking Ati : Kekotoran Hati, 2. Katepeking
Lampah  : Suara Langkah/degup  ketidak tenangan,  3.  Panjriting Tangis
: Jerit Tangis/ketidak  puasan,  adalah  lambang ketidak murnian  diri  yang seharusnya sangat
memalukan  bagi  manusia yang sadar.  Ketidak murnian  ini  ada didalam  diri  yang
berputar-putar bagai awan panas menggelora. Lambang ke empat yaitu Kethuking Nutu
adalah Ucapan yang keluar dari orang yang sadar yang bisa menetralisir segala hal-hal
negative yang bergelayut didalam diri, sehingga ucapan yang keluar terdengar positif dan
indah, bagai suara orang menumbuk padi yang merdu. Dan jika hal ini bisa dibiasakan,
maka diri  kita nyata telah  menjadi  perwujudan Pelangi  atau  Jamalullah  :  Kecantikan
Allah bagi sesama).

39. Nyata ora mamang iku, ora susah angulati, Hyang Agung Kang Maha Mulya, kang
ngucap iku Allahi, poma aja pindho karya, puniku ingkang sajati.

Nyata tidak diragukan lagi, tidak usah susah-susah mencari, Hyang Agung Yang Maha
Mulia, karena ucapan positif yang keluar dari  manusia yang sadar semacam itu adalah
ucapan Allah, jangan meragukan lagi, inilah yang sesungguhnya!

40. Martabate bumi  iku, saurana tri  prakawis, Dzating  Roh Ilapi ika, kaping pindho
Roh Jasmani, kaping têlu Tanpa Prenah, Tanpa Tuduh Tanpa Yekti.

Martabat/tingkatan/uraian dari bumi (maksudnya bumi adalah manusia ini), jawablah tiga
perkara,  yang pertama Dzat  Roh  Ilapi  (Dzat dari  Ruh  Yang Menguatkan,  maksudnya
perwujudan dari Ruh Yang Menguatkan, tak lain adalah Nafs/Suksma Sariira. Nafs atau
Suksma Sariira adalah perwujudan Atma juga sesungguhnya.) Yang kedua Roh Jasmani
(Maksudnya adalah Jasad/Sthula Sariira, disini diistilahkan sebagai Ruhul Jasmani) dan
yang ketiga Tanpa Tempat, Tanpa Arah dan Tanpa Ada (Maksudnya Ruh/Atma).


41. Kang aran Muhammad iku, kang Kakiki kang Majaji, iku nuli saurana, kang aran
Muhammad Nabi, dene kang Kakiki iku, iya Dzatullah Ilapi.
Yang disebut Muhammad itu, apakah Kakiki (Hakiki :  Intisari Gaib) atau  yang Majaji
(Maujudi  :  yang berwujud  nyata),  maka jawablah,  yang dinamakan  Muhammad  itu
adalah nama seorang Nabi, tapi hakekatnya yang disebut Muhammad itu, tak lain adalah
Dzatullah  Ilapi  (Dzatullahi  Al-idhofi :  Dzat  Allah  Yang Menambah  Kekuatan  bagi
semesta atau Energi Illahi).

42. Nabi  Muhammad puniku,  anênggih ingkang Majaji,  Dzatullah Jasadi  ika, kang
Kakiki kang Majaji, loro-loroning atunggal, nyatane yen sira kuwi.

Nabi Muhammad itu, adalah yang berwujud sebagai manusia (ditanah arab), perwujudan
Dzatullah,  sedangkan  Muhammad  yang Hakiki  dan  Maujud,  kedua-duanya adalah
tunggal juga, semuanya ada didiri kalian (seluruh makhluk)
(Maksudnya Muhammad  itu  sesungguhnya adalah  nama dari  cahaya Allah,  yaitu  Nur
Muhammad  (Nur :  Cahaya,  Muhammad  : Terpuji).  Inilah  inti  sari  setiap  makhluk.
Hakikat  setiap  makhluk.  Secara hakikat  dia melampaui segalanya,  secara wujud nyata,
berwujud seluruh material semesta termasuk jasad fisik manusia. Maka benarlah jika kita
ini  disebut  perwujudan  Nur Muhammad.  Karena Nur Muhammad  itu  tak  lain  adalah
Allah juga. Dan Ruh kita ini disebut Rasul Muhammad (Rasul : Utusan, Muhammad :
Terpuji), percikan dari Allah juga. Oleh karenanya Allah, (Nur) Muhammad dan Rasul
(Muhammad) adalah satu kesatuan tunggal, dalam Ajaran Syeh Siti Jenar maupun Sunan
Kalijaga,  sering hanya disebut  ALLAH,  MUHAMMAD,  RASUL saja. Ada lagi yang
disebut Muhammad,  yaitu  seorang Nabi  yang pernah  hidup  ditanah  Arab  dan  yang
mengajarkan agama Islam)

43. Ingkang  Tanpa  Prênah iku,  lawan Tanpa  Tuduh kuwi,  ing  Kakekate Dzatu’llah,
tan liya pêsthi sireki, krana sajatine sira, poma aja pindho kardi.

(Kalianlah) perwujudan Yang  Tanpa Tempat,  Yang  Tanpa Arah,  kalian  adalah
perwujudan kesejatian Dzatullah, tiada lain kalian semua ini, itulah sesungguhnya kalian,
jangan ragu-ragu lagi.

44. Martabat Nugrahan iku, lamun sira den takoni, pira nugrahaning Sadat, saurana
tri prakawis, iku ingkang ping sapisan, Ngêningake Iman-neki.

Martabat/tingkatan/uraian Anugerah itu, manakala kalian ditanya, ada berapa Anugerah
Sahadat, jawablah tiga macam, yang pertama Menjernihkan Iman.

45. Ping  dwi  Ngeningken Tyasipun,  ana  dene kang  kaping  tri,  Nglampahake
Panggaotan,  Nugrahaning  Salat  nênggih,  saurana  tri  prakara, Mêgat Karsa ingkang dhingin.

Yang kedua Menjernihkan Hati/Kesadaran, dan yang ketiga
Menjalankan/mempraktekkan  dalam  kehidupan  sehari-hari.  (Sahadat  adalah  kesaksian
diri, dimana sahadat sejati adalah Tiada Yang Lain di Alam ini kecuali Allah, dan Ruh-ku
ini  adalah  Utusan  Allah.  Kesaksian ini harus  diimplementasikan  kedalam  kehidupan
sehari-hari, dengan jalan, pertama Menjernihkan Keyakinan bahwasanya semua makhluk
ini  adalah  perwujudan Allah  dan  utusan  Allah,  maka semua tiada beda,  kedua
menjernihkan Kesadaran, dimana kita harus benar-benar melihat aku adalah kamu kamu
adalah  aku,  tak ada beda dan yan  ketiga harus  benar-benar dipraktekkan  didalam
kehidupan  sehari-hari dengan  jalan  menebarkan  Kasih tiada henti.  Jika bisa
melaksanakan  hal  ini,  jelas bisa disebut  Mendapat  Anugerah  dari memahami Sahadat
Sejati),  Anugerah  Shalat  sekarang jika ada yang bertanya,  jawablah tiga macam,
Mengontrol keinginan duniawi yang pertama.

46. Tinggal Cipta kalihipun, Amadhêp ingkang kaping tri, Nugrahaning Takbir pira,
saurana tri prakawis, dhingin Kawruh dwi Kawruhnya, Jatining Wêruh kaping tri.
Meningalkan

segala Kesadaran rendah yang kedua, dan yang ketiga Mantap lahir batin,
Anugerah Takbir (Mengagungkan Allah) ada berapakah, jawablah tiga macam, pertama
Pengetahuan  yang kedua Yang Mengetahui, Yang ketiga Hakikat Yang Hendak
Diketahui.  (Maksudnya, manusia bisa disebut  menerima Anugerah  dalam memahami
Cara Pengagungan  Allah  jika bisa menyadari  Pengetahuan  yang benar,  memahami
hakikat dirinya sebagai  Yang Mencari Tahu, dan  yang ketiga memahami siapa hakikat
Yang Hendak Diketahui itu)

47. Pituturku durung rampung, nanging iku bae dhisik, krana ingsun arsa lunga, ora
lawas ingsun bali, mrene maneh mulang sira, dimene imbuh mangrêti.

Wejanganku belum selesai, akan tetapi ini dulu, sebab aku hendak pergi, tidak akan lama
aku akan kembali, kembali ke sini untuk mengajar kalian lagi, agar semakin bertambah
kesadaran kalian.


Sambung Bagian Keempat